Kamis, 06 November 2014

Siapa bilang hanya pejabat yang korupsi?

Dari dulu saya percaya bahwa ‘power tends to corrupt’ dan itu tidak memandang pangkat dan jabatan alias merata di semua lapisan. Tidak percaya? Begini ceritanya. Anda masih ingat gak bahwa mobil Hyundai tua saya yang rusak itu saya ‘buang’ lewat wrecker alias tukang besi tua? Itu lho yang mobil saya dinilai seharga $80 saja? Ceritanya waktu saya telpon dia sebelum dia dateng, mereka bilang akan membayar saya $200. Begitu orangnya dateng dia menawar dan jadilah $80 itu.

Rupanya teknik begitu sudah menjadi modus. Abis si Hyundai itu saya buang, saya dapet pinjaman temen berupa mobil yang lebih tua lagi, sebuah Daihatsu Charade dua pintu warna merah yang kalo dipakai lebih dari 5km mesinnya jadi overheating (tapi bagaimanapun itu berjasa besar buat kesana-sini, asalkan jaraknya kurang dari 5km!). Nah, waktu saya mau pulang ke Indonesia, mobil itu mau saya balikin ke yang punya, dianya gak mau, karena ya udah overheat itu. Ya udah, kalo gitu buang lagi aja!

Segera saya telpon wrecker lagi. Sudah deal, dia akan bayar $100. Waktu si petugasnya dateng, abis mobil digendong di mobil dereknya, dia mau pamit terus bilang: ‘udah ya, makasih’. Lho, kaget saya, terus saya bilang: ‘lah, katanya mau bayar $100. Yang bener dong!’ Dia bilang lagi: ‘ah enggak siapa bilang mau bayar, saya cuman bilang mau bawa mobilnya’. Tentu saja saya jengkel: ‘lha tadi ditelpon katanya mau bayar? Sini coba saya telpon bosmu!’. Eh, saya bilang begitu, terus dia mengkeret: ‘jangan deh, biar saya aja yang ngomong’. Eh, gak lama kemudian dia bersedia bayar,tapi cuma $50.  Yah sudahlah, capek deh saya ngeyel gara-gara $50, saya terima aja duitnya, terus saya kasihkan ke pemilik mobil. Ketahuan kan, ternyata si sopir mobil derek ini mau ngakalin saya! Terus saya pikir, berarti transaksi mobil Hyundai yang dulu tuh juga si sopir yang akal-akalan menurunkan harga dari $200 ke $80! Asem tenan!

Terbukti kan: korupsi tidak pandang bulu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar