Selasa, 04 November 2014

Banjir di Negara Maju


Setelah jalan-jalan muter-muter Brisbane yang gak begitu bagus, akhirnya tibalah saatnya untuk pulang ke Perth. Entah mengapa hari itu Brisbane hujan gede banget dan lama. Saya yang habis main dari rumah temen di daerah situ, terus nyegat taksi mau ke bandara di tengah hujan deras. Baru keluar jalan, langsung jalan macet. Terpaksa taksi muter jalan lain. Jalannya kalo istilah Jakarta ‘padat merayap’, tapi sebenarnya lebih dari itu. Berhenti lama banget, jalan sebentar, berhenti lama lagi. Sopir taksinya bilang ‘banyak jalan ditutup Pak, jadi kita muter’. Rupanya beberapa jalan tergenang banjir sehingga jalan ditutup (dalam hati langsung seneng, ternyata di Australi ada banjir juga—dasar mental inlander!). Padahal itu jam pulang kantor di mana kendaraan tumplek blek! Saya udah putus asa aja nih, nyampe gak ke bandara tepat waktu?

Nah, rupanya ada bedanya banjir Jakarta sama Brisbane! Karena waktu itu banyak jalan tergenang, mobil kan pada muter-muter gak karuan, akibatnya terpusat pada jalan yang agak tinggian. Masalahnya, banyak lampu merah pula, sehingga setiap lampu ijo nyala palingan cuma dua tiga mobil yang bisa lewat. Bisa dibayangkan dong kacaunya lampu merah? Eh tapi tunggu dulu! Ini Australi gitu lho. Walaupun jalan lagi padat-padatnya, orang tetap tertib lho! Jadi di sini kalo pas lampu ijo giliran kita jalan, kalo di depan kita gak memungkinkan mobil kita ngelewatin persimpangan, walau lampu ijo kita tetap harus berhenti nunggu sampai ada space buat kita (ya logikanya di Indonesia, kalau nyebrang rel terus depan kita gak muat, maka kita akan berhenti sebelum rel nunggu ruangan kosong). Yang membuat saya kagum, semua orang masih tertib, walaupun lampu ijo kalo depannya gak cukup, mereka berhenti dulu. Jadi waktu arus lawan giliran lampu ijo, mobil tidak akan tersumbat di tengah persimpangan. Bayangin kalo Jakarta, pasti udah mampet di persimpangan kayak gitu karena asal udah ijo, pasti mobil pada jalan walaupun di depannya terhalang. Akibatnya malah gak ada yang bergerak!

Setiap saya lewat lampu merah, saya stres aja takut ketinggalan pesawat. Tapi ternyata di semua lampu begitu, semua tertib. Jadinya, walaupun sangat tersendat tapi tetap jalan karena lampu merah gak ada yang mampet!

Jadi memang, walaupun sama-sama banjir, tetap ada bedanya negara maju sama negara berkembang!

Epilog: akhirnya saya nyampai juga di bandara tanpa ketinggalan pesawat. Jarak 35 km akhirnya ditempuh dalam waktu 3 jam. Dan Anda tau berapa bayar taksinya? Cuma $146 sodara-sodara alias nyaris satu setengah juta perak! Tarif taksi termahal yang pernah saya bayar seumur hidup saya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar