Kamis, 06 November 2014

Masih ada harapan

Ceritanya kan saya udah pulang ke Jakarta nih setelah nyerahin draft tesis ke si Prof dan sambil menunggu hasil koreksian beliau. Sembari beres-beres rumah yang kotor banget ditinggal empat tahun di negeri orang, saya tanya-tanya informasi update. Nah, saya dapat kabar bahwa sekarang angkutan umum kereta api sudah bagus banget berkat pimpinan CEO yang baru Ignasius Jonan. Penasaran dong saya.

Oke, lalu saya melakukan penelitan (biasa, naluri  PhD student!) dengan metode riset observasi (halah!), alias mencoba sendiri naik kereta api versi baru itu. Pertama saya coba rute Tanah Abang-Rawabuntu (Serpong). Saya liat antrean panjang mengular, wah berarti bagus orang Indoensia sudah bisa disuruh antre dengan benar. Waktu makin dekat ke pintu gerbang, saya curiga kok orang pada megang kartu gitu terus disentuhkan ke layar. Waduh, salah saya. Saya kira bisa masuk pake beli karcis gitu, rupanya sekarang semua udah pake kartu plastik. Wah, tambah kagum lagi, berarti sekarang udah gak akan bocor lagi nih duit PT. KAI! Ini udah sama nih kayak di negara maju!

Setelah beli kartu plastik, kemudian saya sentuhkan ke sensor, pintu pun terbuka. Semakin kagum saya ternyata sekarang kondisinya udah rapi, tidak ada pedagang, dan orangpun jauh lebih sedikit. Rupanya berkat sistem kartu, orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk, termasuk PKL. Wah, tambah keren nih! Dulu saya sering menggunakan kereta waktu masih berkantor di Gambir, pake stasiun tanah Abang juga, ramenya minta ampun dan banyak pedagang, pokoknya semrawut deh! Sekarang kondisi rame tapi terkendali. Lalu kereta datang, seperti biasa penumpang berebut masuk. Hm, lebih tertib daripada dulu. Dulu banyak banget orang yang menggelar koran di lantai kereta atau pake kursi lipat. Sekarang ada larangan. Perjalanan juga singkat, sekitar 30 menit Tanah Abang-Rawabuntu. Keluar stasiun juga ngantri lagi untuk meng-tag kartu plastik.

Wah pokoknya keren lah itu. Bahkan saya denger juga sekarang sudah tidak ada lagi orang yang naik di atas kereta. Dulu waktu kantor saya di Kalibata, saya tiap hari ngeliat banyak banget orang yang duduk di atap kereta. Ternyata sekarang udah hilang. Tambah salut! Sebagai orang yang sudah berpengalaman naik angkutan umum di mana-mana (gak sombong nih, saya udah pernah naik kereta/bus di Singapore, Washington DC, Istanbul, Auckland, Perth sini, Melbourne, Gold Coast, Sydney, Brisbane), ternyata angkutan umum di Jakarta, wabil khusus kereta api, udah seperti kelas dunia. Salut! Cuman memang jumlah penumpangnya kebanyakan, tapi overall udah maju banget dibandingkan empat tahun lalu sebelum saya berangkat.

Moral of the story: ternyata negara kita kalo dikelola dengan benar, hasilnya bisa bagus kok. Makanya jangan nyerah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar