Rabu, 19 November 2014

Sekolah di Australia dalam Angka

1-Jumlah tesis (alias disertasi) yang harus diselesaikan dalam prgram PhD

1.5-plus dalam kacamata baca saya. Waktu berangkat saya Cuma plus 0.75

2-Jumlah minimal artikel jurnal yang disyaratkan Profesor saya selama saya studi PhD. Juga jumlah minimal konferensi yang harus saya ikuti (bukan sekedar ikut melainkan presentasi).

2- Jumlah organisasi kedaerahan yang kami ikut di dalamnya: MSWA (Mitra Sunda od Western Australia,  istri saya turunan Sunda) dan ASWA (Aceh Society of Western Australia, istri saya juga turunan Aceh)

3-Jumlah kelompok pengajian yang diikuti istri saya di Perth: Annisa (ibu-ibu permanent resident), Pengajian Muslimah (ibu-ibu di kelurahan tempat kami tinggal), dan PPIP (pengajian keluarga di sekitar Curtin di mana saya pernah jadi pengurusnya)

3-Jumlah bulan yang diperlukan sejak men-submit tesis sampai dengan mendapat nilai dari examiners

3.17-MB-Ukuran file tesis saya dalam bentuk pdf. Bayangin, empat tahun sekolah hanya menghasilkan file sekecil Itu! Bahkan satu flashdisk pun masih tersisa banyak banget!

4-Jumlah tahun yang diperlukan untuk mendapatkan gelar PhD. Saya ingat bener pasti 4 tahun, karena saya datang pas Piala Dunia 2010 dan pulang pas Piala Dunia 2014. Saya kan penggemar dan pemain bola!

4-Jumlah lebaran saya di Perth: 2010, 2011, 2012, 2013. Mau lebaran di Indonesia ongkosnya mahal. Sakitnya tuh di sini hahaha

6.95-dolar, harga Pizza Hut seloyang besar kalo hari Selasa, kayaknya lebih murah daripada harga di Indonesia. Hari lain harganya $12

8-Jumlah bab dalam tesis saya

8.9-dolar, harga mie ayam jamur di Bintang Kafe langganan saya

9.5-dolar, harga Big Mac plus kentang besar plus Coke besar di McD

9.9-dolar, harga soto lamongan di Batavia Kafe langganan saya, tidak termasuk nasinya

14-jumlah pemain bola waktu Aipssa FC (kesebelasan student dan keluarganya yang saya bina di Perth) berdiri. Waktu saya pulang ke Indonesia jumlah pemainnya 37 orang

16-Jumlah halaman yang diperlukan untuk merinci referensi dalam tesis saya

17.5-dolar, harga seekor ayam panggang Nandos yang enak banget

22-dolar, harga seporsi fish and chips di Cicerello, Fremantle yang biasanya kami pesan. Nama menunya seafood basket, isinya ikan, udang, cumi, sayur gorang plus kentang goreng yang banyak banget. Dimakan berdua, biar ngirit sekaligus kenyang

48-derajad Celcius. Suhu maksimal yang pernah saya alami di Perth waktu musim panas. Suhu minimal minus satu waktu musim dingin

50- dolar,  sumbangan tahunan sukarela untuk sekolah Aby anak saya. Tahun pertama jumlah ini saya bayar, tahun berikutnya gak saya bayar, kan sifatnya sukarela jadi bayar boleh tidak juga boleh. Maklum saya orangtua golongan sangat sederhana sekali

69-dolar, harga tenda yang saya beli untuk kemping. Bisa muat 6 orang

72-Nomor bis jurusan ke City dan kampus dari apartemen kami

75-Sama dengan nomor 72 di atas

78-dolar, biaya langganan tv kabel sebulan supaya saya bisa nonton Liga Inggris langsung

80-dolar, harga mobil Hyundai saya waktu saya jual tahun 2014 sebagai besi tua. Belinya $1700 tahun 2010

150-dolar, biaya kursus karate Aby selama sebulan

242-Jumlah daftar pustaka (referensi) dalam tesis saya. Masih jauh dibandingkan dengan syarat menjadi PhD di Duke University yang minimal 300 sebagaimana saya baca dulu waktu ngambil S2 di sana. Untung saya gak ngambil S3 di Duke!

283-Jumlah halaman tesis saya

350-dolar, sewa seminggu apartemen dua kamar saya. Waktu dateng sewa apartemen satu kamar $265 per minggu

504-dolar, harga tiket Garuda Perth-Jakarta pp. Belakangan harga naik menjadi $580

1.300-dolar, uang sponsorship Garuda Indonesia untuk memasang logo di kaos tim Aipssa FC

9.026-Jumlah paragraf dalam tesis saya

15.922-Jumlah baris dalam tesis saya

93.017-Jumlah kata dalam tesis saya. Jumlah maksimal yang diijinkan dalam tesis di Curtin adalah 100.000 
kata. Untung gak lewat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar