Minggu, 26 Januari 2014

Edisi Sok Tahu: Pengalaman (+Tips) Liburan di Australia

Sesuai janji saya, maka biar Anda jadi kepingin, saya akan membuat review mengenai liburan saya baru-baru ini. Kalo diibaratkan menulis disertasi, maka tahapan ini adalah bab pembahasan, setelah semua bab-bab individual ditulis. Bab-bab individual, misalnya satu bagian menulis mengenai Sydney, kemudian bab berikutnya menulis Gold Coast dan seterusnya. Kalo menulis bab pembahasan di disertasi sulit, maka menulis review jalan-jalan ini pastinya gampang.

Mengapa saya menulis ini? Karena saya ternyata sudah hampir tamat mengelilingi Australia. Tepatnya saya sudah menunjungi Perth (malah sudah hampir empat tahun tinggal di sini), Melbourne (lima hari), Sydney (enam hari), Gold Coast (empat hari), dan Brisbane (empat hari). Kota besar di Australia yang belum saya kunjungi; Adelaide (South Australia), Hobart (Tasmania), dan Darwin (Northern Territory). Tapi saya denger, kota-kota tadi kurang begitu top untuk daerah tujuan wisata, jadi ya gapapa gak saya kunjungi. Oya saya bahkan sudah menyeberang ke Selandia Baru sana, tepatnya di Auckland (empat hari).

Ini kesan yang saya tangkap selama kunjungan singkat tadi lho ya, sebagai turis dan bukan penduduk asli, jadi kalo ada yang berbeda dengan Anda yang barangkali tinggal di kota-kota tersebut atau mengunjunginya, ya harap dimaklumi. Terutama ini ditujukan buat Anda yang belum pernah ke Australia (atau ke luar negeri lainnya).

Nah, kira-kira poin apa sih yang menarik? Saya akan berturut-turut membahasnya secara berurutan, dimulai dari perencanaan, hotel, objek wisata, supaya kalo Anda akan jalan-jalan sudah tau apa yang akan Anda hadapi.

Oya, entri ini akan panjang banget, jadi ada baiknya Anda siapkan segelas kopi dan singkong goreng (bener, jangan sepelekan singkong goreng, karena kalo Anda udah lama tinggal di luar negeri, makanan Indonesia apapun akan jadi lezat sekali!).

Pertama-tama: internet adalah teman Anda yang paling top. Ini bisa dimulai sejak sebelum berangkat. Pada setiap perencanaan, setelah menentukan DTW-nya, tentunya Anda beli tiket. Nah, tinggal buka internet, cari tiket yang paling murah yang sesuai dengan waktu yang Anda rencanakan, beli tiket online. Habis beli tiket, tentunya sewa hotel, lewat internet juga. Biasanya saya pakai hotels.com atau booking.com. Berkat internet ini saya pernah dapat tiket pesawat murah banget yaitu jurusan Sydney-Gold Coast yang cuma $39 saja! Juga hotel saya di Melbourne, fisik bagus, letak di tengah CBD, cuma $70 semalem! Internet juga penting kalo Anda sudah nyampe di tujuan, tinggal liat Google map semua beres.

Oya sebelumnya (saya kelupaan), kalau Anda belum pernah ke Australi, kota manakah yang sebaiknya dituju? Berdasarkan pengalaman saya, yang paling top tentu saja Sydney! Soalnya ikon Australi adalah Opera House yang ada di situ (dan juga kanguru tapi kan mahluk ini ada di mana-mana!). Kalo anda belum berfoto di Opera House ntar temen-temen Anda gak yakin kalo Anda sudah ke sana! Berikutnya, adalah Gold Coast, tapi dengan catatan, yaitu Anda suka atraksi heboh (roller coaster dsb.) dan kalo punya anak, pastikan anak-anak udah agak besar (lebih dari 110cm atau 120 cm tingginya), karena untuk naik di wahana-wahana di Gold Coast syarat fisiknya itu. Kalo anak-anak masih kecil di bawah 10 tahun katakanlah  begitu, maka sangat mungkin malah bengong aja di Gold Coast kecuali liat pantai Surfers Paradise yang top itu. Ingat Gold Coast menyebut diri sebagai the Capital City of Theme Parks in Australia lho!

Kota berikutnya adalah Melbourne, kotanya lebih cantik daripada Sydney, dan tidak sebesar dan sesemrawut Sydney. Urutan berikutnya: Brisbane dan Perth, sama-sama gak menarik. Kesannya cuman satu: 'yah sudahlah yang penting sudah ke sana dan foto-foto'. Tidak ada yang wah banget. Bonus: Auckland di NZ ya sami mawon, kurang bagus. Pernah waktu saya di Auckland, saya cari di internet daerah mana yang wajib dikunjungi, disebutkan Mission Bay. Saya capek-capek cari rute bis ke sana, dan ternyata itu adalah pantai yang biasa banget, malah Pantai Ayah di Kebumen sana barangkali lebih bagus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar