Senin, 06 Januari 2014

Mas dari Indonesa ya?

Ingat jalan-jalan, saya ingat peristiwa tahun lalu saat mau berangkat ke Auckland. Pagi-pagi jam 8 saya nelpon taksi buat ke bandara. Catatan: di sini gak musim taksi lewat langsung kita stop; taksi harus pesen lewat telpon.

Nah, tidak sampai dua menit kemudian si taksi sudah nongol di depan apartemen. Segera saya masuk ke taksi (di sini penumpang taksi duduk di samping pak supir yang sedang bekerja, bukan di jok belakang). Segera saya perintahkan si supir: ke airport bang!

Eh, abis saya order begitu si supir bilang: 'are you from Indonesia?' Waduh, kaget saya lha kok tau-taunya dia, apa saya ini sudah sedemikian ngetopnya? Segera saya tanya:'lho kok sampeyan tau?' (tentunya dalam bahasa enggres). Terus apa jawabnya: iya, tadi saya dengar situ pesen taksi lewat telpon, logatnya Indonesa banget!'

Asemm.. jadi selama bertahun-tahun di sini kalo ngomong coro enggres saya masih medok bahasa Indonesia, wah cilaka nih. Padahal waktu telpon pesen taksi tadi sudah saya mencong-mencongkan niru orang bule: 'can I order a taxi puhleeeasee...'. Bikin malu aja nih supir Turki!

Catatan: selidik punya selidik rupanya kenapa dia tau logat Indonesia, karena dia sudah pernah tinggal tiga bulan di Depok sana, jadi udah akrab dengan logat Indonesia, pantesan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar