Selasa, 07 Januari 2014

Susahnya Mencari Dollar

Ceritanya Aby di sini ngikut kegiatan karate di sebuah dojo di sini. Bayarnya lumayan mahal lho, $150 sebulan. Saya dulu ngikut karate di Bulungan sana bayaranya cuman Rp2.500 sebulan, murah ya? Nah singkat cerita ternyata ada satu orang temennya orang Indo yang tertarik juga mau ikut, bahkan adiknya juga mau gabung.

Pada hari yang disepakati, Aby beserta ibunya sama anak itu dengan ibunya juga bersama adiknya datenglah ke dojo itu buat ngedaftar. Singkat cerita, abis pendaftaran, si embak bagian admin bilang: wah lumayan nih kamu dapet bonus 'member get member' selama sebulan. Waktu itu si bos karate namanya si M lagi ke luar kota, jadi gak bisa ketemu dia. Demi mendengar berita itu langsung kami tersenyum-senyum senang, soalnya kami tidak menduga akan dapet bonus $300, kan dua anak.

Itu kejadian kira-kira bulan Agustus, kita dengan sabar menunggu si duit itu, kok gak ada kabar beritanya? Dua minggu setelah itu, istri saya nanyain ke mbaknya: lho mana mbak kok duitnya belum ada? Si mbaknya bilang: ada kok, lagi disiapin, katanya. Oke deh orang sabar kekasih Tuhan, begitu hibur saya.

Tapi tunggu punya tunggu, udah sebulan kok duit belum hadir juga. Walaupun tadinya tidak mengharapkan tapi karena udah dijanjiin ya jadinya ngebet. Istri saya mau nanya ke mbaknya lagi, eh dianya sudah gak kerja di situ. Dalam hati bertanya-tanya, apa dia  sudah dipecat gara-gara ngejanjiin bonus itu?

Waduh mesti gimana nih, apa saya perlu turun tangan? Nah suatu sore saya berkesempatan nganter si Aby karate (ya sekali-kali lah bapaknya nganter). Nah, mumpung saya di situ, saya mau nagih ke si M bos karate itu. Habis parkir saya niatin ketemu dia. Wah tapi dia lagi sibuk dan setelah saya lihat nih orang badannya kok gede banget, mana kepalanya botak lagi. Nanti kalo saya tanya terus dia bilang gini gimana: lho siapa mau kasih duit, emang kalo saya gak kasih kenapa? (ini cuman bayangan saya saja).

Wah ngomong langsung saya gak berani, saya putar otak gimana caranya. Nah ketemu, lewat facebook! Saya hampir yakin bahwa pasti dojo ini punya akun FB. Benar juga saya ketemu. Saya kirim pesan ke dianya. Waktu mau kirim pesan, saya mikir, apa mau bergaya memelas atau serius nih. Ntar kalo memelas malah gak dikasih... Terpaksa saya seriusin aja.

Begini message saya tanggal 24 Oktober 2013

Hi M (nama lengkap ada di redaksi),

My name is Budi Susila, the father of Habibie, one of your students in the kids class. When you were away a while ago (to Bali?), I brought in two new members to your class: Dimas and his little sister. I noticed from your brochure that "member get member" will be entitled to one month of free tuition. I believe that I deserve this (two months because of two new members), but until now we haven't heard from you. Could you please confirm this? Thank you.

Abis kirim begitu, saya lega, yang penting udah usaha, kalo gagal ya apa boleh buat, badan dia gede, kepala botak, udah sabuk item Dan VII lagi.

Eh, sorenya langsung dia bales message saya di FB tadi. Begini bunyinya:

thank you for your message.

yes it is 2 months free training.
i certainly have not forgotten or not realised.
i am holding this and a couple others off for a matter of timing for promotional reasons that will be clear very soon.
please accept my apology for any confusion.
at the start of next month you will receive my gift of thanks.  

Nah lho, ternyata walau badan gede, pala botak, Dan VII, ternyata dia orangnya tepat janji. Syukurlah!   Saya tunggu lagi ceknya. Eh, kok gak dateng-dateng juga. Sementara itu saya tetep gak berani nganter Aby karate, takutnya gak enak sama si M.  

Tunggu punya tunggu akhirnya tanggal 5 Desember baru si cek dikasih ke istri saya. Hm, lega...  Beginilah penampakannya:




Waduh, akhirnya setelah empat bulan perjuangan duit sebesar $300 akhirnya nyampai di tangan juga. Empat bulan sodara-sodara! Susahnya cari rejeki di negeri orang, hehehehe...

Epilog: segera cek itu besoknya saya kliring ke bank. Dengan semangat, istri saya langsung belanja ke city, soalnya dia kan yang nganter karate Aby dua minggu sekali, jadi bonusnya buat dia aja. Pulang-pulang dia pamerin hasil belanjanya yaitu sebuah tas Gucci. Harganya? $350 saja. Kesimpulan: saya tekor $50!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar