Kamis, 17 Juni 2010

Susahnya Cari Kontrakan

Setelah mendarat dengan selamet di Bandara Perth (yang biasa saja) dan mengantri imigrasi (yang pake acara buka koper segala sehingga segenap indomi bekal saya keliatan semua), nunggulah saya untuk dijemput orang Curtin University. Tunggu punya tunggu ternyata mereka telat datangnya dan berasalan bahwa mereka salah terima jadwal. Wah ternyata orang bule bisa salah juga! Untunglah ada teman saya yang baik hati, Dadang dan istrinya, Inge, beserta ketiga anak mereka sudah menjemput saya tanpa diminta dan malemnya langsung meluncur di hotel kecil yang tarifnya mahal banget yaitu 80 dolar semalam (padahal hotel yang kayak gini di Amrik palingan cuma 39 dolar saja!).

Besoknya langsung meluncur ke International Office untuk dibantu mencari konrakan. Ternyata rada ribet juga. Rencananya saya mau ngambil yang satu bedroom biar ngirit tapi ternyata karena si Aby anak saya umurnya 8 tahun, diharuskan ngambil yang 2 kamar! Walah, bisa habis dong uang tunjangan saya! Apa boleh buat. Siangnya meluncur ke salah satu apartemen, ternyata yang disewakan di lantai dua, dan si penunggu bilang kalo ada anak kecil mereka gak mau terima; keluarga dengan anak kecil bolehnya di lantai dasar. Weleh-weleh, ada-ada saja. Dalam hati kan anak saya udah gede masak mau jumpalitan dari lantai atas!

Kompleks kedua di jalan King George, ternyata cuman bisa ngeliatin dari luar saja, maklum kantornya gak buka. Kalau gak buka ngapain ngiklanin di internet segala!
Pada pencarian kedua dan ketiga, baru nemu yang agak mendingan. Yang kedua berupa rumah kopel, rada jelek dari luar tapi dalemnya berasa hangat (nasi kali anget!), sudah fully-furnished. Tempat tidur, sofa, meja makan, kompor, kulkas, dsb sudah tersedia. Tinggal beli tv sama heater doang. Sewanya 300 dolar seminggu (kayak sewa buku aja bayarnya mingguan) minimal sewa 6 bulan. Ada halaman belakang luas tempat naruh jemuran. Ada juga teras belakang untuk merokok (siapa yang merokok?). Lumayan lah.

Pada pencarian ketiga, baru berasa apartemen: tidak ada halaman depan dan belakang, tidak ada isinya hanya sebuah AC (pendingin dan pemanas), yang ada cuman kompor doang. Berarti semua harus beli sendiri: meja kursi tempat tidur kasur dsb. Keunggulannya adalah adanya sebuah kolam renang mungil di pojokan (ini dia yang dinginkan Aby!). Harga 280 dolar seminggu.

Besoknya setelah diskusi dengan para pemangku kepentingan (maksudnya ya istri saya!), akhirnya diputskan bahwa yang diambil adalah yang rumah, walaupun terkesan tua tapi isinya lengkap. Paginya aplikasi disampaikan (masak mau nyewa rumah pakai aplikasi segala, kayak mau ngelamar beasiswa aja!). Dengan dianter si Steven (ini anak udah empat hari berturu-turut pakaiannya gak ganti-ganti, yaitu celana jins biru dengan kaos nike merah!—liat foto di atas bagian kanan). Habis nyerahin formulir, eh saya ditinggal di kantor broker dengan alasan dia ada janji dengan mahasiswa yang lain. Sial banget! Mana gak tau saya ada di mana lagi. Ya sudah setelah celingukan ke sana ke sini gak jelas, akhirnya telpon Inge si baik hati. Langsung deh, bukannya pulang malah dianter ke sana kesini, misalnya ke toko barang-barang bekas buat byari tv dan heater, lalu ke toko bekas satu lagi buat nyari piring dan gelas (kasian ya ke toko barang bekas melulu!). Yang dibeli sih gak banyak, cuman piring dan gelas tiga biji.

Akhirnya diputuskan belanja aja beneran ke toko yang gede mirip walmart, untuk beli semua keperluan rumah tangga dari mulai pengorengan, lap, sabun, ember, gayung (susah lo nyari barang yang satu ini, ketemu sebuah benda yang mirip gayung tapi bukan). Pokoknya komplet deh…

Abis itu pulang ke hotel dengan tetap belum mendapat jawaban apakah aplikasi disetujui?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar