Selasa, 27 Juli 2010

Dimarahin Bule

Kejadian #1. Tempat: terminal bis Espalade. Waktu saya sudah duduk di bis nunggu bis berangkat, ada seorang yang tampaknya seperti keturunan India, mau masuk ke bis. Di punggungnya ada ransel, dan tangan kirinya memegang sebuah kaleng Coca-cola. Waktu mau masuk, si sopir bule bilang gak boleh bawa minuman ke dalam bis, karena aturannya memang begitu. Si India ngeles dengan alasan yang gak begitu jelas (maklumlah kalo orang India ngomong Inggris kan gak keruan, seperti dalam film India gitu), keliatannya menjelaskan bahwa ‘saya gak akan minum kok, cuman memegang kaleng doang, sayang kalo dibuang’. Si sopir mengulangi lagi, dan si India berusaha meyakinkan lagi. Eh, gak tahunya si sopir marah-marah dengan suara keras dan menyuruh si India turun dan membuang kaleng minuman tersebut di luar, baru boleh masuk bis lagi. Dengan gemetar si India pun nurut…

Kejadian #2. Tempat: city. Saya yang lagi jalan-jalan di kota, ngeliat ada seorang bule pengamen yang memainkan alat yang seperti biola dan seperti biasa di samping dia duduk ada sebuah ‘kotak sumbangan’. Saya yang penasaran mendekat untuk melihat alat apa itu, ternyata tertulis di karton di dekatnya, yaitu sebuah biola cina. Main musiknya bagus dan dia pake kaca mata item kayaknya enjoy banget dengan pemainannya. Saya yang terkesan pun segera mengabadikan permainannya dengan ponsel saya. Eh, gak tahunya si bule marah-marah, bilangin bahwa pemotretan saya menggangu konsentrasinya. Saya pun malu berat, apalagi banyak orang yang nonton! Saya pun berulang-ulang bilang minta maaf, dan dia masih ngomel-ngomel lagi gak jelas (untung omelannya saya gak begitu ngerti!). Kalo gak mau difoto ya jangan main di pinggir jalan, dong! Bikin malu aja….

Kejadian #3. Tempat: di sebuah jalan menjelang stasiun bis. Saya waktu itu mau nyebrang jalan. Ke arah saya ada mobil berhenti yang baru saja menurunkan penumpang. Melihat mobil masih diam, ya saya menyeberang jalan dengan tenangnya. Gak tahunya, saya dengar si sopir teriak keras banget “SH*TTT!!!”. Saya gak begitu ngerti apakah teriakan tersebut ditujukan kepada saya (keliatannya sih begitu) yang menyebrang di depan mobilnya secara tiba-tiba, atau kepada orang lain. Saya mah pura-pura gak denger, ngeloyor aja, toh gak akan ketemu dia lagi ini…

Moral of the story? Orang sini kalo marah ngomongnya kenceng banget dan ‘medeni bocah’! Atau jangan-jangan beraninya sama kepada yang bukan penduduk asli? Saya gak bisa membayangkan apa ada orang Indonesia yang berani memarahin bule di Jakarta kalo si bule berbuat salah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar