Minggu, 18 Juli 2010

Mabuk Udara

Anda masih ingat dengan tugas yang diberikan dosen pembimbing kepada saya untuk membaca 30 sampai 50 buku/jurnal mengenai topic penelitian sebelum bulan Juli berakhir? Nah, untuk melaksanakan amanat beliau, saya di sela-sela kelas IAP sibuk bolak-balik ke perpus. Nah, perpus jaman sekarang isinya bukan hanya buku melainkan lebih banyak dokumen elektronik. Rupanya di dunia yang didominasi internet ini, banyak banget penyedia jasa database yang bisa diakses melalui internet. Macam-macam nama penyedia jasa jenis ini, misalnya Science Direct, ProQuest, Emerald, HHC dsb. Curtin melanggan banyak penyedia jasa ini, tentunya dengan membayar lisensi ratusan ribu kalau gak jutaan dolar setahun, sehingga kalau mau cari buku, jurnal, atau data tinggal klik di situs penyedia jasa ini.

Khusus mengenai topic saya saja yaitu tax compliance, terdapat 34 penyedia jasa database, ada yang mengenai peraturan pajak seluruh dunia, pajak khusus Australia, serba-serbi administrasi pajak, juga ada puluhan jenis jurnal/majalah dengan masing-masing puluhan artikel dari tahun 1970an sampai dengan sekarang. Bayangin, tinggal masukkan kata kuncinya, langsung terpampang ribuan artikel yang mengandung kata tersebut. Yah, kurang lebih sejenis google, tapi yang ini lebih ilmiah.

Saya mencoba mencarinya di Emerald, dan dengan menyebutkan ‘tax compliance’ didapatkan 832 jurnal/majalah! Walah, gimana cara memilihnya! Dipersempit lagi jadi ‘tax compliance measurement’, lumayan, menjadi 182 artikel. Baca daftar artikelnya aja udah kliyengan, belum lagi memilihnya untuk di-download. Setelah dipilih-pilih dan menggunakan kata kunci dan provider yang berbeda-beda, didapatkan 45 artikel untuk saya download. Ingat, baru didownload, belum dibaca! Dan semuanya bahasa enggres lo hehehe..

Begitulah berhari-hari saya ke perpus, dan akhirnya sudah saya download sekitar 126 artikel, sudah dengan manis masuk ke notebook saya. Perkara nanti dibaca apa gak, ya itu masalah nanti. Nah, setelah di rumah, barulah saya pilih satu persatu mana akan kira-kira terpakai dengan cara membaca secara cepat apa isi artikel-artikel tersebut. Hasilnya? Terdapat sekitar 48 artikel yang layak baca untuk dijadikan referensi proposal saya, sampai sekarang! Setelah selesai menyeleksi artikel untuk dibaca, baru saya dengan tenang akan membacanya nanti. Kalo nanti kurang, ya cari lagi.

Demikianlah kira-kira proses pencarian buku/majalah/jurnal yang rada ruwet ini. Kalo Anda gak focus, bisa-bisa Anda mabok udara alias kebanyakan informasi jadi malah maju-maju!

Rupanya jadi PhD itu gak gampang yak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar