Senin, 04 Oktober 2010

Kisah Sebuah Proposal

Masih ingat kan tahap pertama jadi PhD? Yak betul, bikin proposal, atau kalo di tempat saya namanya candidacy. Jatuh temponya 6 bulan sejak terdaftar sebagai student PhD. Bentuknya ya paper proposal penelitian, panjang maksimal 10 halaman tidak termasuk referensi. Jumlah referensi tidak ditentukan, kata teman saya sih 30 buku/jurnal sudah cukup.

Nah, entah bagaimana, si prof bilang pokoknya kamu awal november harus kelar ya candidacy! Wah, gaswat nih, itu kan berarti hampir dua bulan lebih cepat dari jadwal yang 31 Desember! Makanya saya gulung koming jungkir balik menyelesaikannya. Kamis dua minggu kemarin proposal riset kasar saya serahin ke si prof, dengan referensi 55 buku/jurnal. Dengan semangat mengharapkan 'wah, kamu cepet banget bikinnya', saya serahkan si proposal itu. Tapi apa reaksi si prof? Dia tidak melihat isi proposal saya, tapi langsung lihat referensi, terus dengan tenangnya bilang: kayaknya referensimu kurang nih, coba bandingin dengan si Anu (mahasiswa bimbingan dia yang lain), dia lebih banyak tuh!

Kapokmu kapan?! Wah, 55 ternyata kurang, lagian jumlah halaman kebanyakan...Jadi minggu ini saya ngerjain dua hal sekaligus: menambah bacaan sekitar 20 buku/jurnal lagi plus memendekin si proposal. Cari tambahan buku susah, apalagi mendekin proposal, kalo dipendekin berarti daftar buku berkurang, padahal malah suruh nambah!

Jadilah minggu kemarin saya lagi-lagi tersesat di dunia maya, mencari database jurnal dsb yang berhubungan dengan topik. Terus ternyata memendekin proposal susah banget lho dengan mengingat isi yang gak boleh berubah. Lumayan mumet...

Untunglah Senin ini semuanya sudah mendekati selesai, tinggal dikit lagi proposal saya sudah mengkeret menjadi 10 halaman, dengan daftar pustaka yang memanjang menjadi 77 buku!

Awas ya pak prof kalo dinilang kurang lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar