Minggu, 08 Agustus 2010

Kadang-kadang Lucu Juga

Tadi pagi ada seminar oleh salah seorang profesor dari Malaysia yang jadi dosen di salah satu iniversitas di Australia sini. Habis seminar kita ngobrol-ngobrol informal bersama dosen pembimbing saya dan beberapa teman mahasiswa PhD. Salah satu mahasiswa, seorang cewek dari Malaysia juga, sedang mengerjakan riset tentang "Pengaruh Religiositas terhadap Ketaatan Pembayaran Pajak" yang kurang lebih mau menguji apakah orang yang lebih soleh akan membayar pajak lebih jujur. Dia konsultasi dengan pak profesor Malaysia tersebut tentang bagaimana sebaiknya melakukan pengujian terhadap masalah tersebut.

Eh, tak dinyana jawaban profesor adalah: coba kamu kumpulkan data mengenai berapa besarnya dana yang berhasil dikumpulkan dari kotak amal di mesjid-mesjid, lalu dijumlah untuk seluruh negara bagian, lalu dibandingkan dengan pembayaran pajak di negara bagian tersebut...

Bercanda? Enggak, profesor itu beneran gak sedang bercanda. Dia bilang dana seperti itu ada datanya. Tentu saja si mahasiswi jadi bingung gak membayangkan akan mendapat jawaban seperti itu. Ekspresi mukanya menunjukkan keheranan! Jadi rupanya memang untuk menjadi PhD tidak mudah, setiap pendapat atau teori harus ada data pendukungnya, gak bisa asal pakai asumsi. Gak bisa kita bilang karena dia soleh, maka dia bayar pajaknya benar...

Kadang-kadang lucu juga ya...

2 komentar:

  1. Asslm.

    Terima kasih banyak atas blognya mas, sangat berguna sekali bagi orang Indonesia yang sedang mencari beasiswa. Saya juga termasuk yang sedang mencari beasiswa di Australia melalui ASD. saya bekerja di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI sejak tahun 2008. Usia saya skrg 34 tahun (bukan usia yang muda mengawali kerja di PNS, hehehe). Saya berencana membuat disertasi tentang Dampak Pariwisata Terhadap Ekonomi Indonesia. Boleh minta tolong minta nama, email dan no contact dosen yang dapat menjadi pembimbing saya di kampus tempat mas sekarang mengambil PhD.
    Terima kasih banyak atas perhatian dan bantuannya mas. Semoga saya dapat berterima kasih secara langsung di Perth, Australia, Aamiin.
    Wasslm.

    Cecep Ucu Rakhman S.Sos.,MM
    cecep_u_r@yahoo.com
    62-22-817210100
    Pusat Informasi dan Humas
    Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI

    BalasHapus
  2. wassalamualaikum kang cecep,

    kalau mencari caln dosen pembimbing gampang aja. coba dibuka website kampus yang bersangkutan, misalnya kalo di curtin buka aja curtin.edu.au, terus dicari school yang bersangkutan, misalnya di Curtin cari di Business Schoolnya. Cari di daftar staff nama-nama profesor, biasanya kakau di klik terus keluar daftar keahlian profesor tsb. tingal cari deh satu per satu, ntar juga ketemu..
    selamat mencari kang,
    salam,
    budi

    BalasHapus