Sabtu, 05 Februari 2011

Anaknya Orang Jawa Sekolah di Australia

Tanggal 2 Februari kemarin si Aby mulai sekolah. Seperti biasa kehebohan dimulai beberapa hari sebelumnya. Pertama, bekal makan siang apa ya? Kalo di Indonesia dulu waktu istirahatnya satu jam, termasuk sholat dzuhur di sekolah; bekal bawa nasi beserta sendok garpunya, karena semua anak juga bawa nasi. Lha di sini masak bawa nasi juga? Apa gak aneh? Belum lagi Aby makannya lama, sementara waktu istirahat cuma 45 menit. Hm, berarti harus bawa sandwich nih! Wah, kemajuan, sekolah bawa roti setangkup sama daging sapi tipis selembar, tomat diiris-iris sama sayur apaan gak jelas yang dijejalin di dalemnya! Padahal si Aby gak pernah suka makanan barat ala burger dsb! Palingan dia cuman seneng kentang goreng aja. Terus buahnya? Nah, rupanya di sekolah ada program 'harus makan buah dan sayur', jadi waktu istirahat sore (ada tiga istirahat yaitu pagi, makan siang, dan sore) harus makan buah. Si Aby juga kebetulan gak begitu suka buah, ya udah supaya amannya bawain pisang aja!

Pagi-pagi setelah mandi, segeralah kami meluncur ke SDN Victoria Park yang cuman memakan waktu 5 menit pakai si kewut Hyundai. Pakaian seragam sama terus dari Senin ke Jumat, yaitu celana pendek biru dongker sama kaos tangan pendek berkerah warna biru muda, sama topi rimba bitu tua (di sekolah ada kebijakan 'no hats no play' yang artinya kalo gak bawa topi gak boleh main di halaman sekolah takut kepanasan. Halah!)

Sampai di sekolah, jalan rada heboh, maklum kayak di Indonesia kalo hari pertama sekolah jalanan macet berat! Parkir rada jauh terus berjalan kaki. Semua murid membawa barang yang berat-berat karena menggendong semua keperluan selama satu tahun (masih inget kan cerita saya yang bawa pensil 20 biji, ordner, buku tulis, lem, dsb?). Berhubung tadi parkir agak susah, dateng pas banget! Ini ruangan Aby yang mana ya? Celingak-celinguk sebentar rada panik: ini kelas empat ada di mana? Setelah tanya kepada seorang wanita yang kayaknya guru, akhirnya didapet info bahwa kelasnya ada di lantai 2. Wah, ternyata murid yang lain sudah masuk. Ada yang aneh, ternyata Aby walau terdaftar di kelas 4, ternyata kelasnya bernama 3/4, mungkin gabungan antara kelas tiga dan kelas empat. Yang satu lagi ada kelas 4/5. Tidak ada yang kelas 4 thok! Saya gak tau bedanya antara kelas 3/4 dengan kelas 4/5, pokoknya Aby udah aman sekolah gak tau di kelas ngerti apa gak pelajarannya, kayaknya sih ngerti wong kalo nonton kartun di tv yang bahasa enggres semua dia ngerti tuh!

Abis Aby masuk kelas, kami keliling sekolah. Oh rupanya kompleksnya rada gede juga. Ada TK, ada pre-primary (kayaknya maksudnya TK besar), terus ruang kelas 1 sd kelas 6, lapangan olahraga outdoor (basket, voli, dsb), aula indoor tempat olahraga dan makan siang, terus playground yang ada prosotannya dsb, terus lapangan rumput. Ada juga ruangan lab dan ruang musik yang lagi dibangun. Lumayan lah, untuk sekolah yang gak bayar!

Terdapat juga lapangan parkir untuk guru. Wah, ini ternyata bedanya guru SDN di Australi sama di Indo. Kalo di Indo, barangkali isinya parkir motor semua (yang kreditnya selama 4 tahun), di sini parkiran isinya mobil semua. Enak juga jadi guru di sini, gaji bisa beli mobil! Dan ingat, bukan mobil tua kayak punya saya, tapi minimal tahun 2000 ke atas! Bahkan ada juga Toyota Harrier terbaru! Wah, elok...

Sekolah di sini rada lucu juga. Semua buku dan peralatan ditinggal di sekolah, sedangkan yang dibawa pulang hanya tas yang isinya makan siang sama botol minum doang. Sementara ini belum ada PR sih, jadi pulang sekolah dia bisa nonton kartun sampai puas! Gak tau nantinya. Oya rupanya ada eksul juga; yang ditawarkan adalah renang sama dance (gak tau maksudnya ini mau tari apaan), tapi diadainnya waktu jam sekolah, bukan sesudahnya. Kayaknya ntar ikut renang aja.

Waktu pulang, Aby ditanya ngerti apa gak, dia jawab ngerti, yang sudahlah aman. Gak tau ngerti 100% atau 75% atau 50% (mudah-mudahan sih gak).

Oya satu catatan, mengenai seragam. Seperti disebut tadi, seragam adalah celana pendek, baju kaos kerah, sama topi lebar, sepatu bebas. Lihat punya lihat, ternyata seragam kaos bukan hanya untuk SD aja, melainkan sampai SMP dan SMA seragamnya memang kaos, warna tergantung sekolahnya. Saya jadi mikir, kenapa di Indonesia gak ada pemikiran kayak gitu? Maksudnya kenapa anak sekolah harus pakai baju (gak boleh pakai kaos). Saya sih setuju dengan kebijakan pakai seragam tiap hari untuk menghilangkan perbedaan status. Tapi ya itu tadi, kenapa pakai baju yang berkancing dan bahannya tidak menyerap keringat? Toh anak-anak banyak berlarian dan pastinya keringetan. Apa alasannya biar anak diajar disiplin? Disiplin juga bisa diterapkan walau anak sekolah pakai kaos. Dengan kaos si anak bebas bergerak. Terus juga kenapa di sekolah Indonesia gak ada seragam topi lebar biar gak panas, kan kita negara tropis! Ntar kalo saya punya sekolah sendiri deh, saya biarin anak pakai kaos. Hehehe...

2 komentar:

  1. Ada mas sekolah SMA di Jogja yang bebas pakai kaos namanya SMA Kolese De Brito....

    Kalau UGM malah melarang pakai kaos t-shirt...yang boleh kaos polo.

    Walau bayak siswi ke sekolah pakai motor namun kok ya tidak boleh pakai celana kulot ala polisi wanita ya?

    Jadi kalau istilahnya...seragam Indo kurang ramah lingkungan...

    Mungkin alasannya...lha gene pelajar dulu pakai blangkon dan jarik tetap bisa merdeka...

    BalasHapus
  2. setuju mas Dawud, seragam di indo kurang ramah lingkungan, dan penyelenggara pendidikan masih lebih mengedepankan penampilan dibanding kualitas...

    BalasHapus