Minggu, 20 Februari 2011

Anak-anak yang Jago Bahasa Inggris

Pernah suatu hari profesor saya nanya gimana keluarga. Ya saya jawab aja mereka baik-baik aja. Dia nanya lagi mengenai anak saya si Aby, ya saya jawab biasa aja, udah mulai masuk sekolah. Terus komentar dia: liatin aja ntar pasti bahasa enggres anakmu lebih baik daripada punyamu, bahkan nanti anakmu akan mengoreksi pemakaian bahasa enggresmu! Masak sih, dalam hati saya mikir, apa segitu jeleknya bahasa enggres saya? Lha justru saya sendiri yang khawatir apa si Aby bisa ngikutin pelajaran yang notabene bahasa enggres semua?

Eh, ndilalah ternyata kayaknya si Aby gak kesulitan mengikuti pelajaran. Buktinya dia tenang-tenang aja kalo pulang sekolah, gak pernah laporan kalo di sekolah mengalami kesulitan (kecuali laporan bahwa bukunya ada yang ketingslut!). Kekhawatiran saya tak terbukti! Bahkan sinyalemem profesor saya bahwa dia akan mengoreksi enggres saya juga terbukti. Misalnya kalo saya mengucapkan kata 'target' saya biasanya menyebut 'tarjet' seperti bahasa Indonesia. Langsung dikoreksi si Aby: itu bukan 'tarjet' tapi bacanya 'target'! Eh, bener juga ya. Lain kali saya bilang acara tivi berjudul 'Lazy Town' saya sebut 'leziton', eh dikoreksi lagi, katanya cara bacanya adalah 'lezi taon'! Jadi malu deh saya...

Bukannya saya memuji anak saya lho, ternyata semua anak Indonesia yang bersekolah di sini, enggresnya (minimal pronunciation-nya), pasti lebih baik daripada orang tuanya! Anak-anak kecil itu baik yang TK maupun SD kalo ngomong pada casciscus aja walaupun secara tenses-nya gak betul banget, tapi udah faseh secara pengucapan! Buktinya kemarin saya bilang 'launch bay' sebagai 'lansbei', malah dikoreksi sama anak temen saya: om Budi, itu 'lonsbei' bukan 'lansbei'! Waduh, malu aku malu pada semut merah!

Pikir punya pikir, wajar aja anak-anak ini enggresnya bagus-bagus. Lha sekolahnya aja dari jam 08.30 sampai jam 15.00 melulu pakai bahasa enggres baik di kelas maupun luar kelas! Sementara orangtuanya tidak pernah ada kelas (kalo PhD student), terus ketemu orang bule juga jarang, terus lagi palingan baca aja yang banyak (jadinya jago baca jurnal, bukan jago ngomong). Pendengaran juga gak terlatih, wong nonton tv juga teksnya diaktifin (di tv sini, teks bahasa enggresnya ada juga, tinggal pencet di remotnya!). Nah, kalo gitu ya jangan disalahin kalo enggresnya gak fasih-fasih amat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar