Sabtu, 01 Januari 2011

Nyetir di Australia

Saya sebenarnya orang yang senang nyetir mobil; tapi ada syarat-syaratnya: paling seneng kalo nyetir keliling komplek rumah sambil cari jajanan yang enak, atau nyetir di tempat sepi. Paling alergi kalo disuruh nyetir di jalan yang macet, atau ke kantor atau pulang ke Jawa. Saya sudah dari tahun 2006 tidak pernah menyetir ke kantor, mendingan naik kereta atau naik mobil jemputan! Kesimpulannya: saya sebenernya tidak terlalu senang nyetir!

Tapi lain ceritanya kalo di luar negeri. Saya seneng banget nyetirin jalan-jalan di Amerika. ‘Prestasi’ saya di jalanan Amrik adalah: Durham-Virginia-Pittsburg (400mil, 9 jam) berangkatnya-kemudian pulangnya Pittsburg-Washington DC-Durham (jaraknya nyaris sama, waktu juga sama, cuman jalanan mulai bersalju). Kemudian: San Jose-San Fransisco-Los Angeles- Las Vegas (total lebih dari 1000 mil, karena sedang liburan dan nginep di mana-mana selama 11 hari!). Menyetir di Amrik ibaratnya cuman perlu gas pol rem pol aja (eh, malah jarang ngerem ding!). Betapa tidak, wong jalanan mulus semua, lewat interstate highway alias jalan tol antar negara bagian yang tidak bayar dan tidak ketemu lampu merah sebiji pun sepanjang 300-400 mil!

Nah, gimana rasanya nyetir di Australia? Ceritanya tiga setelah saya beli mobil yang seadanya tadi, kami sekeluarga diajakin temen-temen di sini untuk jalan-jalan. Berhubung mobil saya baru beli dan belum mengenal betul selahnya, terpaksa pakai mobil temen, rombongan konvoi 4 mobil. Total pulang pergi sekitar 500km (di sini gak pakai mil tapi pakai km kayak di Indo), yah mungkin setara Jakarta-Semarang kalo pulang lebaran. Kata temen saya enak rutenya lewat highway semua. Wah, asyik nih, kayak di Amrik!


Wah, gak taunya sodara-sodara ternyata highway di sini sepi nyenyet! Liat aja gambar di atas! Jalanan gak terlalu lebar, cuma dua di lajur kanan dan dua di kiri, tanpa pembatas beton di pinggir jalan maupun median jalan. Jadi mirip jalan biasa. Saking sepinya sepanjang lebih dari 500km itu saya tidak menyalip mobil satupun, selalu beriringan sebanyak 4 mobil tadi. Kecepatan konstan sekitar 100kpj. Lain sama di Amrik yang highwaynya rame banget oleh mobil dan truk container gede-gede, di sini jarang banget mobil sama truk. Terus lewatnya juga padang-padang dengan pohon yang pendek-pendek, terus hutan yang daunnya mengering karena sedang summer, terus kota-kota yang dilewatin cuman segede-gede kelurahan kalo di Jawa. Wah, gak ada tantangan dan cukup membosankan, ibaratnya seperti lewat jalan Solo-Mantingan-Ngawi dst minus mobil-mobil dan bis Mila maupun Akas! Kebayang kalo mogok di jalan, bisa-bisa merana karena mungkin bengkel terdekat jaraknya 100km! untunglah semuanya lancar tanpa halangan.


Adapun tujuan wisata adalah Gravity Station (museum dan pusat peraga gravitasi), dan Pinnacle (artefak batu-batu di gurun) yang biasa-biasa saja. Penilain akhir: kondisi dan pemandangan jalanan: C plus, objek wisata: B minus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar