Kamis, 30 Desember 2010

Sebuah Penurunan

Pembawa acara kondang Tantowi Yahya pernah bilang: Life is not Christmas everyday. Maksudnya ya kurang lebih hidup itu kadang-kadang susah, kadang-kadang seneng. Atau kalo menurut candaan temen saya yang arek Malang: di dunia, ada dua jenis makanan: yang enak, dan yang enak banget (eh, beda, ya?). Ya pokoknya gitu deh. Dalam kasus saya pepatah ini artinya adalah: kadang-kadang saya punya mobil tua, kadang-kadang punya mobil yang tua banget!

Saya yang seumur-umur belum pernah beli mobil baru, minggu kemarin akhirnya beli mobil second di sini (itu juga setelah menjual mobil yang dulunya juga beli second di Jakarta!). Mobil yang terbeli ini merknya Hyunday Accent tahun 1997. Sudah tua bangka bukan? Ini ibaratnya dua buah penurunan: biasanya saya pakainya merk Toyota (termasuk mobil dinas juga dulu Kijang, juga mobil di Amrik dulu yakni sebuah Corolla Twin Cam!), kali ini cukup mobil negeri ginseng aja. Penurunan kedua, ini mobil usianya udah 13 tahun! Waktu di Amrik tahun 2001, saya beli mobil tahun 1991 (usia sepuluh tahun!). Yah sudahlah, yang penting bisa nglundung! Harganya $1.750 dapet dari temen sesama Indonesia. Pajak dan balik nama $65. Memang harga mobil bekas di sini lebih murah dari di Indonesia. Dengan harga segitu, dapetnya sebuah mobil yang sedikit ada lecet-lecetnya, plus kalo distart terdengar suara menjerit (kayaknya di dinamo starter) yang membuat orang selapangan parkir nengok semua. Sampai sekarang belum sempat dibetulin.



Beli mobil di sini gampang (tentu saja kalo ada duitnya!). Tinggal si penjual dan pembeli mengisi formulir jual beli, pembeli membayar, kemudian si penjual mengirim formulir tersebut ke Samsat sini, seminggu kemudian saya dapet tagihan balik nama dan pajaknya lewat pos. Tinggak bayar pajak tadi lewat internet, udah sah deh mobil jadi hak milik. Sesudah dibayar, tentu STNK akan dikirim lewat pos juga ke rumah. Tidak pakai esek-esek nomor rangka dan nomor mesin, dan tidak usah pakai calo buat ngurus balik namanya! Bahkan ini lebih canggih dari Amrik dulu yang tetap harus ke Samsat buat ngurus balik nama dan dapet plat baru. Kalo di sini, plat nomernya tetap yang lama. Di Amrik, plat nomoer melekat di orang, kalo di sini plat nomer melekat di mobil. Pokoknya, ibaratnya kalo kata pos kota, itu mobil sudah siap luar kota. Yang sayangnya, dalam kasus saya: belum siap luar kota karena starter yang menjerit tadi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar