Minggu, 09 Januari 2011

Anak Polah Bapak Kepradah

Kalo waktu dulu banget di sekolah Anda ada pelajaran 'Basa Jawi' pasti Anda mengenal pepatah di atas. Artinya adalah akibat ulah anak, bapaknya yang repot. Nah, dalam kasus saya di sini, artinya adalah: si anak yang sekolah, bapaknya yang kemringet!

Ceritanya, sewaktu mendaftar buat sekolah si Aby, pihak sekolah ngasih daftar alat tulis dan buku apa yang diperlukan untuk sekolah. Dafarnya panjang banget, mencakup 17 macam alat tulis dan enam buah buku. Kalo pesan lewat sekolah, semuanya total harganya $160 (kaliin aja sendiri sama kurs 9,000). Berhubung sudah telat untuk pesan lewat sekolah, maka terpaksa harus beli sendiri.

Demikianlah, kemarin kami sekeluarga ke Office Works, kayaknya sih jaringan toko alat sekolah terbesar di sini. Nyampe di tempat, ternyata tokonya gede banget. Bingung harus mulai dari mana, dan juga gak ngerti barang apa maksudnya yang ada di list dari sekolah tadi. Tersebut di situ: binder A4 2D 25mm pvc assorted (apaan nih?), display bk A4 20 inserts-assorted (apa pula ini!), dividers a4 cardboard 5 tab coloured (waduh!), eraser quality white plastic (nah, ini pasti maksudnya penghapus!), glue stik uhu blu 40gm (pasti ini lem!), marker project faber (mulai nyerah nih...). Mau nanya penjaganya gengsi dong, masak barang di list mau ditanyain semua.

Akhirnya dengan setengah linglung mulailah kami berkeliling mencari satu-satu. Oh, ternyata binder A4 2D 25mm PVC assorted tadi adalah folder bantex kalo di kantor! Terus display bk A4 20 inserts tadi adalah map kayak document keeper yang isinya plastik transparan! dan dividers A4 cardboard 5 tab coloured adalah pembatas file di bantex tadi. Akhirnya dengan segala perjuangan dan rada kemringet selama 2 jam, didapat nyaris seluruh ATK yang harus dicari!. Ada barang-barang tadi, termasuk pensil penghapus, lem, gunting, ongotan, stabilo, dsb.

Yang rada mengherankan adalah kenapa banyak banget barang yang harus dibeli. Misalnya pensil HB aja kok ya harus sebanyak 8 biji (perasaan saya sekolah dulu paling banyak 2 pensil di dosgrip!), lem kertas gede-gede 4 biji (emang satu kurang apa?), pensil warna 24 biji (lah buat gambar apaan?). Terus yang bikin ketawa adalah tempat pensilnya harus berukuran 33 cm kali 14 cm (nah, ini baru tempat pensil terbesar yang pernah saya lihat!), terus gunting juga yang harus ukuran 155mm, penggaris harus kayu ukuran 30 cm (jadi inget penggaris kayu pak guru jaman dulu yang buat mukul tangan anak yang berkuku panjang!).

Sayang anak! Sayang anak...(kayak penjual mainan di terminal!)

1 komentar:

  1. jadi kesimpulannya lebih mahal beli sendiri apa beli disekolah?.. kok ngga ada kesimpulan duit yang keluar?.. haahahahahaha

    BalasHapus