Minggu, 02 Januari 2011

English Speaking Environment

Buat anak saya si Aby, urusan daftar sekolah udah, baju seragam udah beli, tinggal beli alat sekolah sama nunggu masuk sekolah tanggal 2 Februari nanti, masih lama. Nah, sambil menunggu apa yang harus dilakukan?

Selain acara jalan-jalan yang udah jelas (karena saya juga libur), terpikir bagaimana caranya supaya si Aby merasa nyaman berada di English peaking environment (ngerti ora Son?). Maklumlah kami di rumah juga gak berbahasa enggres, teman-teman barunya di sini juga pada berbahasa Indonesa campur enggres. Kapan lagi dia berada di lingkungan berbahasa enggres, biar nantinya gak stres kalo sekolah?

Kebetulan ada program kursus renang di kolam dekat kampus. Segera kami daftarkan dia. Sengaja kelasnya gak disatuin sama temen-temennya yang anaknya orang Indonesia, biar dia kecemplung sekalian dengan guru dan temen-temen orang bule. Kan biar terbiasa!

Demikianlah minggu lalu dia mulai les renangnya, walaupun di Indo dia udah jago, tapi kan tujuan sebenarnya ya itu tadi, bergaul sama orang bule. Begitu kelasnya dikumpulin, memang benar dia berkulit coklat sendiri, lainnya bule semua, termasuk gurunya. Tercapai sudah! Ternyata ya saya lihat gak ada masalah, wong cuman berenang doang. Entah dia ngerti apa gak perintah gurunya, pokoknya dia udah selamat hari pertama, dan tidak kapok. Hari kedua dan seterusnya ternyata lancar jaya, ya berarti dia udah nyaman di lingkungan asing. Sip deh! Sambil menyelam, eh berenang, belajar bahasa enggres!

1 komentar:

  1. Blognya benar-benar menginspirasi saya, boleh saya link.
    terima kasih.

    Best regard,
    rusdi
    http://tatastreet.blogspot.com

    BalasHapus