Selasa, 16 November 2010

Orang Jawa Naik Bis

Tadi siang sehabis saya belanja di City, saya naik bis pulangnya. Di halte depan, ada tiga orang naik, satu bapak-bapak sekitar 50 tahun, satu ibu-ibu berkerudung, dan satu cewek yang keliatannya anaknya. Dari penampakannya mereka tampaknya orang Jawa. Eh, ternyata mereka duduk di depan saya. Ibu dan anak tepat di depan saya dan bapaknya ada di kursi depan mereka. Mereke lalu ngobrol. Berhubung si bapak ada di kursi depan, maka mereka ngobrolnya rada keras, dan gak sadar terdengar orang lain. Saya yang ada di belakangnya senyum-senyum sendiri, karena ternyata mereka ngobrol pakai bahasa Jawa! Begini kira-kira transkripnya:

Ibu (I): wah, larang yo kaose kuwi mau , mosok regane $12
Bapak (B): Iyo, wong larang ngono kok dituku..
Anak (A): Iyo ibuk piye sih, wong kaos ngono kok yo dituku..
I: Lha wis piye meneh, wong nggo anak lanang. Piye jal..
A: Eh, kae lho buk, hotel sing aku nginep pas tekan kene pertama!
B: O kuwi yo..
I: Lho kok fotone mbiyen ketoke ning ngarep Sangrila...
A: Iyo kuwi mbiyen sengojo, padahal Sangrila kuwi neng jejere.. aku yo hotel sing cilik kuwi sing murah..
I: O alaah..
I: Piye, sesuk sido nang Fremantle?
B: Yo sido no..
A: Iya, tapi ojo tuku kaos sing larang-larang yo..

Demikianlah, mereka ngobrol dengan santainya, gak peduli bahasa asing mereka didengar para bule yang terbengong-bengong. Mungkin para bule itu mikir: "What the hell are they talking about?"

Sementara saya mikir: ini Perth apa Pasar Klewer?

1 komentar:

  1. hahahha.. iya gan... juga juga sama
    malahan dulu kalo di indo turunnya kan kiri
    eh... ada org madura ngomongnnya left... left...

    wkwkkwkwkwkkw

    BalasHapus