Minggu, 21 November 2010

Macam-macam Pasar

Kali ini cerita tentang pasar, karena kegiatan akademis dan jalan-jalan lagi sepi. Ini khusus buat Anda yang belum pernah ke luar negeri...

Yang pertama tentu saja pasar swalayan, ya semacam Giant atau Carrefour, ada yang besar dan kecil mirip-mirip Alfamart atau Indomart. Tidak ada yang istimewa di sini, cuman aneh aja ternyata swayalan di Perth sini ada jual indomie goreng maupun kuah, serasa di Indonesia saja.

Yang kedua, pasar oriental alias Asian market, ada yang besar ada yang kecil. Mungkin di Perth sini ada sekitar 10. Kalo di tempat gini semua bumbu lengkap, termasuk bumbu instan produk indofood atau bambu atau kokita. Juga ada tempe, krupuk ikan, tahu, bandeng presto, sayur asem/lodeh/lontong sayur/sambel goreng dalam kaleng, pete, baso, somai, onde-onde, marning, teh kotak, kacang panjang, toge, duren, lapis mariza, krupuk kampung, peyek kacang, dan lain-lain yang kalau di Indonesia biasa aja di sini lezat banget.

Terus ada Sunday Market alias pasar minggu, tempat orang menjual barang bekas. Segala rupa ada dari alat dapur, pakaian, mobil, alat listrik, alat mancing, dekorasi. Kalau di BSD seperti flohmak, yang sekarang katanya udah punah. Saya belum pernah membeli apapun di tempat ini walaupun sudah pernah liat. Soalnya barangnya jelek-jelek.

Ada lagi garage sale, tempat jual barang orang yang mau pindah alamat. Biasanya adanya di hari Sabtu atau Minggu. Untung-untungan aja kalau pas lewat dan barang masih banyak kita bisa beli barang murah. Yang dijual biasanya barang rumah tangga, furnitur, buku, alat elektronik, mainan, segala rupa tergantung orang yang mau pindah. Saya pernah membeli TV 21 inci seharga $20.

Nah, ada lagi farmers' market, isinya pasar yang gede banget menjual barang hasil bumi dengan harga grosir tapi belinya mesti banyak. Misalnya sekarung apel harganya $10, atau sekeranjang kol harganya $25. Buah-buahan satu kotak karton cuma $15, wortel satu ember $20. Mungkin yang beli kebanyakan pemilik warung, atau yang mau nyetok selama sebulan.

Satu lagi yang saya seneng adalah pasar ikan. Yang dijual ikan-ikan segede gaban, misalnya ikan salmon segede bayi gajah, atau kakap segede bantal. Bayangin kalo beli, bisa dimakan berapa bulan tuh? Saya cuman seneng aja liatnya, belum pernah beli. Biasanya temn-temen patungan beli ikan raksasa itu lalu dibagi rata, soalnya harga jauh lebih murah dibanding swalayan.

Demikian laporan pandangan mata mengenai pasar. Lain kali akan saya post mengenai macam-macam warung makan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar