Rabu, 03 April 2013

Tidak Ada Perlawanan (3)

Masih tentang syarat-syarat menjadi Phd: kalo Anda masih ingat maka salah satunya adalah presentasi hasil riset di sebuah konferensi internasional. Kata kuncinya adalah "internasional", yang hadir ya para pakar dari berbagai negara. Kembali kalo mendengar obrolan para senior: masukin paper ke konferensi dan diterima untuk ditampilkan itu tidak gampang lho. Dalam hati saya: mosookk?

Dalam bidang perpajakan yang saya geluti, ada satu konferensi tahunan yang top banget deh namanya yaitu ATTA Conference alias konferensi yang dibuat oleh Australasian Tax Teacher Association, alias paguyuban para guru pajak Australia dan Asia yang diselenggarakan setiap tahun sekali di awal tahun.

Syarat tampil di situ adalah mengirim abstrak paper dulu (buat sedulur-sedulur saya di desa Petet sana, mungkin perlu diterangkan bahwa 'abstrak' di sini adalah ringkasan hasil penelitian, bukan lukisan abstrak. Halah!), lalu diseleksi, dan kalo diterima ya suruh ngirim paper beneran dan dipresentasikan.

Karena disuruh oleh Prof saya harus ikut konferensi itu maka saya segera kirim abstrak ke panitianya, lewat email tentunya:


Dear Panitia,

My name is Budi Susila, a PhD student at the School of Economics and Finance, Curtin Business School, Curtin Univerisity. Regarding the ATTA's 25 Annual Conference 2013, hereby I attach the abstract of my paper intended to be sumbmitted to the conference. The abstract summarises our research on the compliance costs of large corporate taxpayers in Indonesia.

I am looking forward to your consideration. Thank you.

Kind regards,
Budi

Orang bule emang kerjanya cepet, buktinya besoknya saya dapet email balasan, cuman sebaris:

Thanks Budi receipt acknowledged.

Wah, rupanya bukan email bahwa paper saya diterima untuk presentasi, melainkan cuma bilang bahwa dia sudah menerima abstrak saya secara fisik untuk diseleksi. Terpaksa saya harus harap-harap cemas nunggu (eh enggak ding, biasa-biasa aja)
Tidak sampai dua minggu kemudian, saya terima email dari panitia lagi:

To Budi
Thank you for submitting your Abstract (The Tax Compliance Costs of Large Corporate Taxpayers in Indonesia).
We confirm that your Abstract is acceptable.
We look forward to your participation in the Conference.

Tuh, bener kan? Sekali ngelamar konferensi, langsung diterima! Ternyata sekali lagi para senior itu suka nakut-nakutin aja! Apa biar mereka dibilang keren ya kalo udah konferensi? Kayaknya saya biasa-biasa aja tuh. Ehm!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar