Minggu, 07 April 2013

Rejeki Pagi-pagi

Kemarin pagi waktu saya bawa keranjang cucian ke kali (baca: laundry room), tiba-tiba ada seorang wanita yang rada gemuk menyapa 'good morning' dan menawarkan apakah saya mau jadi repsonden penelitian, dan nanti saya akan dikasih hadiah kalo bersedia.

Sebagai orang yang baik, saya iyakan tawaran dia, dan setelah mencemplungkan baju kotor ke mesin cuci, dimulailah survei itu di tangga depan apartemen (mbak itu gak saya tawarin masuk rumah karena masih berantakan). Ternyata dia dari perusahaan riset Roy Morgan (kayak AC Nielsen gitu modelnya). Ternyata risetnya berupa wawancara, lumyan lama sih sekitar tiga perempat jam gitu. Segala macam pertanyaan diajukan, termasuk politik, ekonomi, tv apa yang ditonton, olahraga apa, kalo belanja di mana, banknya pake apa, merk mobil apa, dsb rinci banget tapi gak susah menjawabnya. Habis wawancara saya dikasih kuesioner lagi buat diisi yang tebel banget, sekitar 100 halaman lebih.

Setelah itu tibalah acara pokoknya, yaitu pemberian kenangan karena saya bersedia jadi responden. Ternyata saudara-saudara, saya mendapatkan vocer belanja $20 yang bisa saya belanjakan di mana aja! Wah, lumayan juga nih cuap-cuap sebentar, dapet hambir Rp200 ribu! Mudah-mudahan banyak lembaga riset yang mampir di apartemen saya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar