Jumat, 16 Desember 2011

Buat Anda Yang Penasaran: Sekolah SD di Australia (2)

Sebelum saya lupa, saya perlu ceritakan mengenai pelajaran bahasa inggris di sekolah sini buat anak yang tidak berbahasa inggris. Menagapa saya tau ini, karena sekitar dua minggu yang lalu kami, sebagai orangtua anak yang tidak berbahasa inggris di rumahnya (di sini dikenal sebagai murid ESL alias English as Second Language), dipanggil oleh pihak SD Victoria Park untuk diberi penerangan mengenai penilaian pelajaran bahasa ingris di rapor sekolah. Ini juga perlu saya tulis karena waktu pulang kemarin dulu ke indo saya pernah ditanya orang yang akan mendapatkan beasiswa di sini dan bingung bagaimana nanti sekolah anak-anaknya.

Rupanya, berdasar keterangan pihak sekolah, anak ESL setelah beberapa hari di sekolahnya, akan dinilai olah pihak sekolah dan akan dikelompokkan menjadi tiga. Yang pertama adalah yang bahasa inggrisnya masih jauh dari harapan, sehingga menyulitkan si anak dalam kegiatan belajar mengajar. Murid yang masuk dalam kategori ini akan dipindahkan dari sekolah reguler dan dimasukkan ke dalam sekolah khusus buat belajar bahasa inggris dulu, jadi dia tidak dicampur dengan kelas biasa. Biasanya sekolah ESL ini lokasinya berbeda dengan sekolah yang biasa, karena memang tujuannya khusus; jadi si anak harus pindah sekolah ke sekolah ESL itu.

Kelompok yang kedua, yang bahasa inggrisnya sudah lumayan, tetap bersekolah di SD biasa, hanya dia secara berkala masuk ke kelas khusus bahasa inggris, misalnya seminggu dua kali selama masing-masing 1.5 jam. Sehari-hari si murid tetap belajar di kelasnya yang reguler, lalu pas jam ESL dia keluar dari kelas dan dikumpulin dengan teman-teman yang lain untuk belajar bahasa, lokasinya ya masih di sekolahnya, cuman beda ruangan aja.

Kelompok yang ketiga, yang bahasa inggrisnya udah jago, misalnya dari negara yang dari sononya belajar bahasa inggris, seperti Pakistan atau Bangladesh, tidak perlu ngikut sekolah ESL, statusnya 'disamakan' dengan anak-anak sini.

Selain perlakuan terhadap murid ESL ini berbeda, rapornya ternyata juga berbeda. Kalau di murid biasa, nilanya ada pada writing, speaking, listening, sama reading. Kalau anak ESL rapornya ditambah satu lagi yang menilai kemajuan yang didapatkan. Nilai inggris untuk ESL selain yang biasa di atas tadi, diberi level-level sesuai dengan kemajuannya. Levelnya dari 1 sampai 8; makin besar nilainya makin bagus. Misalnya range nilai 7 sampai 8 artinya anak sudah kompeten, nilai 5 sampai 6 artinya sudah functioning, nilai 3 sampai 4 artinya developing, sedang nilai 1-2 ya artinya masih malu-maluin!

Demikian kira-kira, buat yang penasaran...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar