Minggu, 21 Agustus 2011

Jadi Sopi Taksi

Temen saya Luis yang orang Filipina itu, rencananya mau pulang riset ke negaranya hari Minggu kemarin. Eh, ujug-ujug dia Minggu siang ngirim SMS ke saya begini:

Hi Budi! Are you doing anything tonight at 9pm? I was thinking maybe you can take me to the airport and I’ll give you $30 taxi fare instead of giving it to the taxi driver. Thanks!

Ha? Si Luis temen saya pingin mbayarin saya untuk nganter dia ke airport? Gak salah nih? Kalo di Indonesia, yang namanya temen pasti cuman akan bilang: tolong dong gua dianter ke bandara, mau pulang nih. Dan tentunya gratis, wong namanya temen, lagian saya udah kenal dia lama banget, sejak kita datang pertama, dan biasanya juga kita makan siang bareng seminggu sekali di lapangan deket perpus tiap Jumat sebelum saya Jumatan (dia gak Jumatan tentu saja). Lagipula bandara deket, palingan cuma 15 kilo dari rumah. Rumah si Luis juga palingan 3 kilo dari rumah saya.

Ya sudah, jam 9 malem saya meluncur ke rumah dia, terus ke bandara dan pulang lagi. Total waktu satu jam udah nyampai rumah lagi. Lalu apakah ‘honor’ $30 dolar dari dia saya terima? Lha ya tentu saja, kan kita hidup ala orang bule, gak boleh ngerepotin orang lain! (Kalo saya bayangin di Indonesia, waktu disodorin uang gitu terus kita ‘pura-pura’nolak sambil bilang gak usah, gak usah...). Berhubung di sini, ya ho’oh aja, lumayan, kerja satu jam dapet 30 dolar, pas buat bayar zakat fitrah kita bertiga (di sini zakat seorangnya 10 dolar).

Mudah-mudahan si Luis sering pulang pergi Australia-Filipina!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar