Kamis, 28 Juli 2011

Cuci Karpet

Tadi pagi karpet saya dicuci sama tukang cuci karpet. Biasa saja sih, cuman ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik:
1. Di sini waktu ngontrak rumah diharuskan menandatangani perjanjian bahwa karpet harus dicuci sama tukang cuci khusus karpet minimal sekali setahun. Itulah sebabnya saya manggil tukang cuci karpet walaupun karpet di apartemen saya masih kinclong
2. Ternyata ongkosnya lumayan mahal yaitu $110, padahal kerjanya cuman 45 menit! Enak juga ya jadi tukang cuci karpet, bayangin kalau sehari dapet dua order aja!
3. Si pencuci karpet datang tepat waktu banget! Janji jam 8 pagi datang, jam 07.55 dia sudah nongol di parkiran. Hebat!
4. Semua dikerjain sendiri sama tukang itu, tanpa asisten. Dari nyemprot karpet, narik gulungan penyedot dari parkiran (apartemen saya di lantai dua), bersihin karpet sampai mengeringkannya. Bayangin di Indonesia, cuman bersihin satu AC aja perlu tenaga dua orang!
5. Tukang cucinya punya mobil van sendiri. Tapi memang semua tukang di sini punya mobil. Hebat kan, dari nukang bisa beli mobil. Puluhan tahun tinggal di Jakarta, saya cuman nemu si Gito tukang sayur yang bisa beli mobil, yang lainnya biasanya naik motor (Honda bebek tentunya!)
6. Tadinya saya takut dikemplang harganya, karena waktu nelpon bikin janji, saya lupa nanya tarifnya berapa. Ternyata tarifnya normal aja tuh, relatif sama dengan tarif di koran-koran!
7. Sekian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar