Minggu, 24 Juli 2011

Orang Australia Ternyata Hebat-Hebat

Ternyata orang Australia hebat-hebat juga ya, bisa juara Tour de France, yakni Cadel Evans yang ternyata tidak cadel, menjadi orang Australia pertama yang juara di ajang balap sepeda paling top markotop di dunia itu. Ini mah gak heran, karena memang orang sini sangat gemar naik sepeda (dan catat bahwa sepedanya bukan sepeda gunung kayak di Indonesia, melainkan sepeda balap). Kalo hari libur banyak banget yang nunggang itu sepeda balap kemana-mana, tidak ada satupun yang sepeda gunung. Bahkan calon PM yang kalah, yaitu Tony Abbott yang rada-rada mirip sama Daniel Craig si James Bond 007, sangat fanatik dengan sepada (balapnya), hingga waktu kampanye kemarin kemana-mana dibawanya si sepeda itu. Sekali lagi tidak heran akhirnya muncul juara Tour de France.

Lha yang rada heran adalah lha kok ya ada dua orang Australia yang jadi pembalap Formula Satu. Formula Satu, barangkali Anda belum pernah pikirkan, adalah olahraga sangat bergengsi di dunia yang melibatkan ratusan juta dolar, dan sangat populer, tapi dengan jumlah atlet di dunia paling sedikit, yaitu cuma 24 orang, berasal dari 12 tim. Bayangin, di dunia ini cuman ada 24 orang atletnya! Bandingin dengan olahraga bergengsi lain, misalnya golf di dunia ini atletnya ada ribuan. Atau tenis, di mana pemain dunianya berjumlah lebih dari 1000 pria dan wanita, apalagi sepakbola yang juga populer, atletnya jumlahnya ombyokan. Lha ini, atlet F-1 cuman 24 kok ya ada dua yang Australianya, yaitu Mark Webber (Red Bull, juara kedua tahun lalu), dan Riccardiao (gak tau nama lengkapnya, Hispania Racing Team, pendatang baru). Padahal letak Australia jauh dari mana-mana, kok bisa ya?

Yang rada heran lagi, banyak banget artis Hollywood yang asalnya dari Australi, misalnya Nicole Kidman, Mel Gibson, Russel Crowe, Hugh Jackman, John Travolta, Tom Cruise, Julia Roberts (eh, maaf yang dua terakhir asli Amrik ding!). Lha kok bisa orang dari benua yang jauh ini kok malang melintang di Hollywood sana, terus latihannya di mana kok bisa ngetop? Bayangin dari sekian banyak negara Eropa (belasan), siapa sih yang ngetop di Hollywood? Palingan Sean Connery atau bintang-bintang Harry Potter! Atau si Stachan jagoan botak itu?

Kembali ke olahraga. Padahal di sini olahraga yang ngetop adalah Australian football sama rugby, kok ya ada bintang NBA si Andre Bogut (Milwaukee Bucks) atau petenis Leyton Hewitt (udah mau pensiun), Samantha Stosur, atau Bernard Tomic. Tambah lagi iklim kompetisi tidaklah secanggih di Amrik yang kejuaraan tingkat High School dan universitasnya (NCAA) sangat teratur rapi. Di sini biasa aja tuh...

Kok bisa ya?

2 komentar:

  1. Wah pak, kalo pembalap F1 dari Aussie, bisa jadi karena Highwaynya panjang dan sepi, mereka bisa leluasa latihan di situ kan..
    Mang di Australia bagian mana to pak?

    BalasHapus
  2. Saya di Perth mas! Mungkin betul juga, di sini highway sangat sepi...
    Tapi ada satu lagi jagoan Australia yang gak kesebut di atas, yaitu Casey Stoner untuk balapmotor Grand Prix, lha kok bisa dia juara, padahal di sini jarang banget lomba balap motor..

    BalasHapus