Senin, 09 Mei 2011

Diklakson Melulu

Saya ini tak terasa sudah hampir setahun di sini dan hampir setengah tahun nyetir, tapi sering merasa masih goblog banget! Betapa tidak, sering banget saya diklakson sama orang Australi sini!

Sebabnya? Kemungkinan besar beda budaya sih. Misalnya kalo ketemu perempatan (apa hayo bahasa Inggrisnya prapatan? Saya belum nemu tuh!). Di sini prapatan terbagi tiga jenis. Satu, prapatan dengan lampu merah (kita sebut aja prapatan#1). Prapatan#1 ini juga terbagi dua, yakni yang kalo belok kanan ada lampu tersendiri, alias ada panah lampu merah dan panah lampu ijo buat yang belok kanan aja (kita sebut prapatan#1A). Kemudian ada prapatan yang berlampu tapi yang belok kanan tidak ada lampunya, alias mengikuti lampu yang lurus (kita sebut prapatan#1B). Kemudian jenis kedua yaitu prapatan tanpa lampu merah (prapatan#2). Jenis terakhir adalah prapatan dengan bunderan, tanpa lampu merah (prapatan#3). Nah, masalahnya adalah cara menyopir berbeda-beda tergantung jenis prapatannya!

Kalo prapatan#1A mah jelas paling gampang, karena baik lurus maupun belok kanan atau kiri tinggal ngikutin lampu, kalo salah juga kebangeten! Tapi saya pernah juga dimaki-maki pengendara sepeda gara-gara saya mau belok kiri ngikutin lampu ijo yang buat lurus. Saya gak lihat bahwa yang ke kiri masih merah (ingat kalo di Indo malah belok kiri jalan terus!). Saya rem mendadak karena di kiri ada orang nyebrang pake sepeda. Dia langsung memaki-maki kenceng banget! Saya malu setengah mati sambil buka jendela kiri, mana jauh lagi dari tempat duduk nyetir yang di kanan, sambil tangan berdadah mulut mengucap kata "sorry-sorry" entah dia denger apa tidak. Saat itu saya merasa jadi orang tolol sedunia, wong banyak orang di prapatan yang melihat adegan tersebut sambil mikir kali: ini ada orang kampung mana nih nyetir gak tau aturan..

Nah, di prapatan#1B baru nyetir agak nyeni. Kalo lampu ijo dan kita mau belok kanan, kita mesti nungguin arus lawan sampai bener-bener kosong. Kalo dirasa aman, baru boleh belok kanan. Masalahnya, pengertian 'aman' ini yang berbeda. Kalo di Jakarta, yang penting adalah 'kepala masuk badan masuk' ala kucing, maka pengendara di depan pasti ngerem. Lha kalo di sini, 'aman' berarti pengendara dari arah lawan tidak ngerem. Nah kalo kita maksa belok kanan dan pengendara lawan mengerem, maka itu pasti 100% salah kita dan si lawan tadi akan mengklakson kenceng banget!. Catatan: Jangankan belok kanan, kalo kita masuk ke jalur utama dari jalur yang lebih kecil (belok kiri), kita juga harus nungguin lamaaa banget sampai jalur utama 'aman' tadi. Paling males kalo kita di belakang orang yang nungguin, kadang-kadang mobil di depan kita lama banget gak masuk-masuk nungguin aman tadi!

Di prapatan tanpa lampu alias prapatan#2, caranya lain lagi. Kalo di Indo jelas berlaku pedoman 'pala masuk badan masuk' tadi. Di sini, di semua prapatan#2, pasti salah satu ruas ada tanda harus berhenti dulu, alias tulisan STOP di kotak segi delapan. Nah, yang berada di jalan bertanda STOP tadi, kita harus berhenti grek dan melihat ke kanan dan ke kiri apa ada mobil yang lewat di jalan yang melintang di depan, karena sudah pasti di jalan dia gak ada tanda STOP (kalo ada tandanya kan gak ada mobil yang maju-maju tentunya). Jadi pasti jalur kita atau jalur yang melintang ada tanda stopnya. Masalahnya adalah kita (kita? elu kali gua kagak!) terbiasa kalo ada prapatan pasti ngerem. Nah, saya sering otomatis ngerem di depan prapatan, padahal tidak ada tanda stopnya. Harusnya saya kenceng aja karena pasti jalur depan yang menyilang pasti ada tanda stopnya dan mobil yang menyilang pasti berhenti nungguin kita. Kalo saya ngerem, berarti saya salah, dan mobil di belakang kita ikutan ngerem. Diklakson kenceng lagi...

Di prapatan#3 alias yang ada bunderannya (hayo, bunderan apa bahasa Inggrisnya? Ternyata 'roundabout', saya juga baru tahu, kirain 'circle' kayak di amrik), lain lagi caranya. Kalo di bunderan gini, pedomannya adalah kita lihat arus mobil dari arah kanan kita, arah lawan dari depan gak perlu dilihat. Kalo di kanan kita gak ada yang ke arah kita, baru kita bolah masuk di bunderan. Pedoman 'aman' ya sama dengan tadi. Kita boleh masuk bunderan dengan syarat kalo mobil dari kanan posisinya jauh banget. Tidak ada 'pala masuk badan masuk'. Pernah saya nyaris banget tabrakan dengan mobil dari kanan yang kenceng karena memang hak dia, dan saya nyelonong aja. Untung saya masih sempet banting kiri secepatnya! Tentu saja dia klakson kenceng-kenceng dan ngomel-ngomel teriak, dan terpaksa lagi saya keluarkan tangan minta maaf sambil mulut membentuk kata 'sorry-sorry'...

Itulah kira-kira sebabnya mengapa saya sering diklason orang. Bukan itu saja, nyopir terlalu pelan juga diklason orang, saya sering banget di jalan tol diklakson, gara-gara saya 'alon-alon asal kelakon' sedangkan para bule itu 'lebih cepat lebih baek!'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar