Rabu, 20 November 2013

Mengenai Pancasila

Pagi tadi saya bertanya iseng-iseng ke Aby, anak saya sebelum berangkat sekolah

Saya: Aby, do you know what Pancasila is?
Aby : Of course I know, that is a place in Salatiga...

Waduh gawat nih, dikiranya itu adalah Lapangan Pancasila di Salatiga sana, tempat dia main ATV kalo lagi mudik di Jawa. Lha padahal maksud saya kan Pancasila yang dasar negara itu...

Wah cilaka, nih padahal gak sampai setahun lagi kita semua udah balik ke Indo, lha dia nanti kalo sekolah gak tau Pancasila bias-bisa gak naik kelas nih.

Tapi selain itu juga ternyata banyak yang harus dia pelajari: bahasa Indonesia (sekarang ini dia udah 100% ngomongnya bahasa enggres), terus pelajaran sejarah (mana dia tau kalo ada Perang Diponegoro jaman dulu), IPS (apa dia tau Indonesia itu ada sekian banyak propinsi, wong saya aja gak tau), IPA (maksudnya yang pake bahasa Indonesia), dan banyak lagi

Kasian kayaknya ya, apalagi terus harus ketemu teman baru segala, gak ngerti deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar