Selasa, 16 Oktober 2012

Tidak Ada Perlawanan

Saya itu paling seneng kalo belanja di sini, semua bisa dikembalikan, kalo gak cocok. Tadinya saya juga ragu-ragu tapi setelah dicoba ya lancar-lancar aja tuh.

Pertama, suatu kali si Aby ada kegiatan dansa di sekolah, dan dia perlu celana jins baru. ya udah, beli di Target, toserba murah-meriah, harganya $20. Keesokan harinya, dansalah dia di sekolah. Eh, entah bagaimana si celana itu di bagian lututnya robek dikit, mungkin dia jatuh atau apa, dia gak ngaku. Wah, rugi dong, celana baru dipakai sekali langsung robek. Tapi lihat punya lihat kok celana masih bersih, mungkin bisa dibalikin. Ya sudah dengan sedikit diberani-beraniin, saya ke tokonya sambil membawa itu celana robek dikit, terus bilang sama customer service-nya: Mbak, ini celana kemarin saya beli kok ternyata lututnya sobek ya, kemarin saya gak cek bener kayaknya (dengan ekspresi memelas). Tanpa menunggu lama dan tanpa konsultasi dengan atasannya, si mbaknya langsung jawab: ya udah, ini mau dibalikin duitnya apa tuker barang baru? Ya sudah dengan senyum kemenangan saya jawab: Ganti baru aja deh mbak, ntar saya cari di dalem. Udah gitu doang!

Kedua, saya beli DVD player abal-abal, mereknya Palsonic, entah merk mana ini. Saya belinya di Rick Hart, harganya $28 (murah ya?), garansi setahun. Selama ini dipakai lancar jaya, tahu-tahu kemarin dulu ngadat. Waduh, mana ada tukang servis DVD di sini! Lihat punya lihat, ternyata kartu garansi masih ada, dan ternyata umurnya (baru) sebelas bulan lebih 10 hari. Yang penting masih belum setahun, pikir saya, siapa tau bisa dibalikin. Ya udah si DVD malang itu dibawa ke toko, sekaligus bawa kartu garansi. Eh, sampai di tempat ternyata nama tokonya udah diganti, jadi Harvey Norman. Saya baru ingat bahwa jaringan toko Rick Hart udah dibeli sama Harvey Norman. Ya terlanjur udah nyampai di toko, saya klaim ke mbak-nya yang di situ: mbak ini DVD saya rusak, padahal belum setahun lho sesuai garansi, gimana sih? Dia terus coba itu DVD, dan ternyata memang gak nyala. Eh, ternyata walau nama tokonya ganti, dia masih menjamin. Terus dia nanya: ini mau ganti uang apa ganti barang? (rupanya ini pertanyaan standar kalo barang dibalikin). Jawaban saya tetep sama: ganti barang deh mbak! Lancar jaya...

Ketiga, saya beli ketel pemasak air (walau air ledeng di sini bisa langsung diminum tapi seumur-umur saya gak pernah coba), harganya cuman $8, garansi setahun. Eh, belum sebulan udah rusak. Saya bawa ke tokonya, pertanyaan sama: tukar uang apa ganti baru? Jawaban saya sama: ganti baru. Terus saya pulang dengan ketel baru. Eh ndilalah lagi, barang barunya setelah dipakai kok ya rusak lagi belum sebulan (dalam hati, lha wong beli cuman $8 aja minta awet!). Tetep saya bawa ke tokonya untuk kedua kalinya, tapi jawaban saya ganti: tukar uang aja deh mbak, merk itu gak awet. Udah deh, duit masuk rekening! Akhirnya saya beli di K-Mart yang sekarang, dan masih sehat walafiat.

Terakhir: kemarin saya beli antena TV, rada mahal $79, habis sinyal di tempat saya yang baru jelek banget. Setelah saya pasang, ternyata tetep gak kinclong juga gambar di tv, masih bruwet. Waduh gimana nih, ini kan bukan kesalahan antena, tapi kesalahan daerah saya yang sinyalnya jelek. Ya tapi pantang menyerah, tetap dicoba juga dibalikin. Kepada si mbaknya seperti biasa: mbak ini saya balikin, gak bisa nangkep sinyal (dengan harap-harap cemas, wong bukan salah antenanya!). Si mbak segera lihat barangnya masih terbungkus rapi dengan bon belinya, terus bilang: mau ganti uang apa barang? Lha jawaban saya gampang: ganti uang! (wong bukan salah antenanya, mau ganti barang ya percuma!)

Nah, gampang kan? Pernah saking baiknya toko di sini, beli bolampun bisa dibalikin, hanya karena saya belinya kekecilan dratnya! Padahal kalo dipikir, berapa sih harga bolam dibanding ongkos jalannya! Juga pernah saya balikin lampu tidur yang harganya cuma $5 atau setrika yang harganya $7! Dasar kurang kerjaan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar