Minggu, 13 Maret 2011

Ketemu Pak Wapres

Bukan! Bukan saya ketemu terus ngobrol sama Pak Wapres Dr. Boediyono (emang siapa saya?). Tapi kebetulan beliau lagi keliling Australi, dan persinggahan yang pertama adalah Perth, dan beliaunya pingin berdialog dengan masyarakat Indo di sini.

Rabu sore kemarin, saya berangkat jam 18 ke Konjen dengan dandan habis alias pakai batik tangan panjang terbaru hadiah perpisahan di kantor, sepatu resmi sama kaos kaki (yang jarang banget saya pakai). Sampai di tempat, langsung pada acara utama yaitu makan malam! Nasi kotak sudah tersedia di kursi, langsung disuruh makan sama protokoler. Kok ya tau aja nih panitia kalo para hadirin sudah pada merindukan makanan Indonesia. Menunya lumayan padang: ayam gulai, telor balado, gulai tahu, sayur, sama krupuk! Ah, lumayan serasa makan padang sederhana, walaupun kurang pedes dikit (mungkin yang buat orang bule!).

Sebelum pak wapres nongol, hadir Pak Mendiknas, Prof. Muhammad Nuh. Berkeliling ke hadirin sambil ngobrol-ngobrol sama para students yang kebanyakan berangkat dengan beasiswa Dikti. Saya kebagian salaman juga dikit. Nah, dengan sedikit terlambat akhirnya Pak Wapres tiba juga dan tanpa basa-basi langsung memberikan sambutan.

Akhirnya terjawab sudah mengapa acara ini diadain. Karena ternyata beliau adalah lulusan University of Western Australia (UWA). Beliaunya S2 tahun 1964-1967 (udah lama banget!), waktu itu Curtin University tempat saya sekolah belum ada. Katanya jaman dulu cuman ada tujuh mahasiswa Indonesia di Western Australia! Sekarang studentnya sudah pating tlecek! Besoknya beliau mendapatkan gelar S3 honoris causa dari UWA. Pak Wapres juga memaparkan kondisi terkini Indonesai, dari politik sampai ekonomi.

Habis pertemuan yang dihadiri sekitar 400 orang itu, saya jadi mikir: Pak Boediyono perlu waktu 46 tahun sejak sekolah di Australia sampai bisa jadi Wapres. Lha kalo saya mau jadi Wapres saya harus nunggu 46 tahun lagi, padahal saya udah kepala empat sekarang, apa gak keburu wassalam? Kesimpulannya: saya gak akan bakalan jadi Wapres!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar