Jumat, 12 Februari 2010

Kata-kata yang Paling Indah

Jane, guru Bahasa Inggris saya di Pre-departure Training tahun 2001, pernah berkata: apabila membuka surat jawaban dari sebuah institusi atas surat kita entah itu lamaran pekerjaan, atau lamaran sekolah (aplikasi), maka lihat aja kata pertama di surat jawaban tersebut. Bila kata pertama adalah 'thank you' maka pasti surat lamaran atau aplikasi kita ditolak. Bila kata pertama yang keluar adalah 'congratulations' maka bisa dipastikan bahwa lamaran atau aplikasi kita diterima.

Demikianlah, pada suatu habis magrib, melayanglah sepucuk surat dari ADS, yang ditempatkan dalam amplop besar. Walaupun saya sudah mengetahui hasil dari internet bahwa saya diterima, tapi demi melihat amplopnya perasaan tetap rada-rada gimana juga. Setelah dibuka dengan tidak sabar, benarlah adanya bahwa surat tersebut dimulai dengan 'congratulations'!

Persisnya adalah begini:

Congratulations! On behalf of the Australian Government I am delighted to offer you an Australian Development Scholarship. The scholarship will enable you.. dst....dst

Udah gak saya perhatiin siapa yang tandatangan di situ. Perasaan langsung lega dengan perasaan 'oh begini to rasanya mendapat surat jawaban resmi diterima beasiswa'

Wah, jadi lega, saya udah resmi nih mendapatkan beasiswa. Langsung telepon kedua orangtua yang tidak tahu apa-apa (karena selama proses saya memang tidak menceritakan sepatah kata pun mengenai hal ini, takut seperti tahun kemarin yang sudah banyak bercerita tapi ternyata tidak diterima). Sms ke sanak saudara tidak dilupakan. Dan juga mengemail dosen pembimbing waktu di Amrik dulu, dan juga tentunya calon dosen pembimbing saya di Australi...

Dan inilah jawaban email mereka:

Congratulations Budi. I know you will do well! (Stephanie, Asisten Direktur PIDP, Duke)

Amazing, Budi. I am glad that finally your persistent led to your selection. So glad for you. (Francis Lethem, Kepala Sekolah PIDP, Duke)

Budi,
My congratulations to you, too! We're very proud of your accomplishment, and look forward to celebrating your PhD success after you've finished the degree!
Good luck in your new endeavor, and keep in touch. I hope your family is well.
(Corrie Krupp, Direktur DICD, Duke)


Budi, glad to hear the news. Congratulations! I plan to be in Jakarta by the end of this month to work with DG Tax. Let's touch base. (Pak Rubi, dosen Duke, peneliti World Bank)
Currently in Nairobi.

Budi,
Well done! No, just liaise with Jo Boycott our administrator. We will discuss everything once you arrive!
(Dr. Jeff Pope, calon dosen pembimbing saya)

Hm, dunia terasa indah membaca kalimat-kalimat merdu di atas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar