Minggu, 16 Februari 2014

Jalan-jalan Australia: Apa yang dibawa?

Anda jangan ketawa ya mengetahui bahwa barang bawaan saya yang utama waktu jalan-jalan adalah gayung dan ember? Itu sebenarnya belum seberapa! Apa saja lagi barang ndeso yang saya bawa? Sebelum saya sebut, pertimbangan saya begini: koper waktu berangkat masih agak kosong karena nanti akan diisi kaos oleh-oleh dan souvenir asik lainnya. Terus sebisa mungkin menghemat biaya dan barangnya tidak berat.

Nah, barang apa yang saya bawa? Pertama-tama yang mesti disebut adalah rice cooker. Beneran? Iya saya bawa barang itu.  Pertimbangannya sederhana: makan di luar tiap hari itu gak enak (baca: terutama buat kantong). Misalnya makan siang bertiga habisnya bisa $40-50 di restoran Jepang, maka kalo saya beli lauknya doang (misal ayam panggang Nandos yang enak banget itu), satu ekor ayam cuman $20 bisa makan bertiga, masih bisa buat makan malamnya sekalian. Belum lagi apa sih yang bisa ngalahin lezatnya piknik bawa nasi terus makan ala outdoor? Gak usah malu! Tinggal masukin ransel, sampai tempat tiker digelar, terus makan dengan lahapnya. Gak ada orang kenal ini! Oya, harga rice cooker ini cuman $13, habis jalan-jalan langsung saya tinggal di hotel terakhir biar diambil sama si house keeper yang kebanyakan orang Asia ini. Catatan: tentu saja saya tidak tiap hari bawa nasi ke tempat wisata. Kadang-kadang saya juga nyobain restoran yang ngetop di tiap wilayah, misalnya Restoran Indonesia Delima di Sydney CBD, Pancake on the Rocks di Opera House atau Hurricane Grill di Surfers Paradise di Gold Coast sana! Ngirit boleh tapi enjoy the life ya perlu juga!

Berikutnya: popmie. Itu lho mie yang masaknya di gelas plastic. Saya udah lama tau bahwa tidak seperti di Indonesia yang gratis, sarapan di hotel di Australi sini harganya lumayan. Misalnya di Hotel Ibis Sydney, harganya $18 per orang (lha kalo tiga orang kayak saya berapa coba sehari buat sarapan doang, mending buat beli oleh-oleh!), di Brisbane Hotel Rydges malah $22. Maka dengan popmie tinggal masak air di hotel (semua hotel ada pemasak air buat bikin teh/kopi), masukin deh itu pop mie. Praktis dan murah. Pas pulang koper udah kosong karena popmie udah habis, tinggal diisi sama kaos yang masih bau toko!

Abis itu apa lagi ya? Tentu saja obat gosok Counterpain! Ingat lho ya saya kemana-mana naik angkutan umum yang pasti pake jalan kaki buat ke stasiun atau halte bis terdekat. Terus di tempat tujuan juga banyak jalan kaki. Misalnya di Opera House, jarak halte bis ke bangunanya bisa 500m, belum jalan kelilingnya. Terus kalo abis lari-lari di pantai Bondi atau Manly sambil bergaya ala Baywatch,  badan jadi pegel-pegel. Malemnya adalah saat si Counterpain beraksi biar besoknya segar lagi!

Kalo gak percaya, ini penampakan kamar hotel saya:


Yang pasti bisa bikin irit lagi adalah kalo jalan-jalan bawa sendiri air minum botolan. Beli dulu di swalayan biar harganya murah (gak sampai $1 sebotol). Masukin di ransel. Soalnya di tempat wisata atau vending machine, satunya harganya minimal $3. Mayan kan?

Demikian sedikit tips hemat wisata. Rada ndeso tapi efektif!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar