Oke, lalu saya
melakukan penelitan (biasa, naluri PhD student!) dengan metode riset observasi
(halah!), alias mencoba sendiri naik kereta api versi baru itu. Pertama saya
coba rute Tanah Abang-Rawabuntu (Serpong). Saya liat antrean panjang mengular,
wah berarti bagus orang Indoensia sudah bisa disuruh antre dengan benar. Waktu makin
dekat ke pintu gerbang, saya curiga kok orang pada megang kartu gitu terus
disentuhkan ke layar. Waduh, salah saya. Saya kira bisa masuk pake beli karcis
gitu, rupanya sekarang semua udah pake kartu plastik. Wah, tambah kagum lagi,
berarti sekarang udah gak akan bocor lagi nih duit PT. KAI! Ini udah sama nih
kayak di negara maju!
Setelah beli
kartu plastik, kemudian saya sentuhkan ke sensor, pintu pun terbuka. Semakin kagum
saya ternyata sekarang kondisinya udah rapi, tidak ada pedagang, dan orangpun
jauh lebih sedikit. Rupanya berkat sistem kartu, orang yang tidak
berkepentingan dilarang masuk, termasuk PKL. Wah, tambah keren nih! Dulu saya
sering menggunakan kereta waktu masih berkantor di Gambir, pake stasiun tanah
Abang juga, ramenya minta ampun dan banyak pedagang, pokoknya semrawut deh! Sekarang
kondisi rame tapi terkendali. Lalu kereta datang, seperti biasa penumpang
berebut masuk. Hm, lebih tertib daripada dulu. Dulu banyak banget orang yang
menggelar koran di lantai kereta atau pake kursi lipat. Sekarang ada larangan. Perjalanan
juga singkat, sekitar 30 menit Tanah Abang-Rawabuntu. Keluar stasiun juga
ngantri lagi untuk meng-tag kartu plastik.
Wah pokoknya
keren lah itu. Bahkan saya denger juga sekarang sudah tidak ada lagi orang yang
naik di atas kereta. Dulu waktu kantor saya di Kalibata, saya tiap hari ngeliat
banyak banget orang yang duduk di atap kereta. Ternyata sekarang udah hilang. Tambah
salut! Sebagai orang yang sudah berpengalaman naik angkutan umum di mana-mana
(gak sombong nih, saya udah pernah naik kereta/bus di Singapore, Washington DC,
Istanbul, Auckland, Perth sini, Melbourne, Gold Coast, Sydney, Brisbane), ternyata
angkutan umum di Jakarta, wabil khusus kereta api, udah seperti kelas dunia. Salut!
Cuman memang jumlah penumpangnya kebanyakan, tapi overall udah maju banget
dibandingkan empat tahun lalu sebelum saya berangkat.
Moral of the
story: ternyata negara kita kalo dikelola dengan benar, hasilnya bisa bagus
kok. Makanya jangan nyerah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar